5.375 Personel Dikerahkan untuk Pengamanan Pilkada Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 5.375 personel dari jajaran Polres Tuban disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak Tuban yang akan berlangsung pada, Rabu (9/12/2020) besok.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono usai melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Kesiapan PAM TPS di Mapolres setempat, Selasa (8/12/2020).

Kapolres menyampaikan, hari ini jajaran Polres Tuban pelaksanaan apel pergeseran pasukan dalam rangka mengamankan proses pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Serentak tahun 2020.

"Untuk personel yang bertugas mengamankan ada sebanyak 5.375 personel, ada personel dari Polres, TNI, dari Bojonegoro dan Satdalmas Polda dan Brimob. Untuk personel dari Brimob dan Dalmas nanti akan kita gunakan untuk situasi kontijensi," terang Kapolres Tuban.

Dalam pelaksanaan pengamanan proses pemungutan suara besok. Jajaran Polres Tuban secara umum tidak ada TPS yang dilakukan pengamanan khusus dan pada prinsipnya semua pengamanan TPS dilakukan oleh Polisi, TNI dan Linmas.

"Setelah ini semua pasukan akan bergeser ke wilayahnya masing-masing. Kemudian akan mengawal logistik pilkada yang hari ini bergeser dari PPK ke PPS," jelasnya.

Sekadar diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pelaksanaan Pilkada serentak Kabupaten Tuban tahun 2020 ada sebanyak 942.519 pemilih dengan jumlah 2.237 TPS yang tersebar di 328 Kelurahan/Desa dari 20 Kecamatan se Kabupaten Tuban.[hud/lis]