Lapas Tuban Dikunjungi TPN Kemenpan RB

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban menerima kunjungan Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB), Selasa (01/12/2020). Kunjungan kali ini dalam rangka proses penilaian pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Dua petugas TPN dari Kemenpan RB disambut oleh Kepala Lapas Tuban Siswarno didampingi oleh pejabat struktural. TPN terjun langsung melihat sarana prasarana dan fasilitas penunjang pelayanan publik di Lapas Tuban.

Siswarno juga menjelaskan kepada tim penilai terkait area-area pelayanan publik dan berbagai inovasi unggulan berbasis IT yang telah diciptakan untuk kemudahan pelayanan dan memangkas birokrasi pelayanan dan praktek pungli, korupsi dan gratifikasi.

“Lapas Tuban terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik yang mudah, praktis dan gratis, disamping juga menolak segala jenis praktik KKN,” ujar Kalapas.

Sementara itu, TPN Kemenpan RB Anesia Ribka mengatakan dari hasil evaluasi bahwa Lapas Tuban telah banyak berinovasi dan memberikan kepastian layanan bagi masyarakat.

“Kita apresiasi bagaimana layanan kunjungan yang disuguhkan oleh Lapas Tuban, misalnya tanpa harus antri memakai KTP penerima layanan dapat diberikan kepastian dalam antrian dengan sistem antrian berbasis IT,” bebernya.

TPN Kemenpan RB dalam kunjungannya mengamati dan menverifikasi semua bentuk layanan yang diberikan Lapas Tuban bagi masyarakat maupun warga binaan. Berbagai tempat menjadi sarana pengamatan seperti ruang kunjungan, ruang kunjungan online, dapur, masjid, perpustakaan, dan blok hunian. [ali/ito]