Apel Pengamanan Pilkada, Polres dan Kodim Tuban Kerahkan Hampir 1000 Personel

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jajaran TNI, Polri dan Linmas di Kabupaten Tuban melaksanakan apel kesiapan pengamanan jelang pemungutan suara Pilkada Serentak Kabupaten Tuban 2020.

Pelaksanaan apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono di lapangan belakang Mapolres setempat, Selasa (1/11/2020).

Pada kesempatan itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menyampaikan, selain melaksanakan apel kesiapan personel, petugas pengamanan serta penyelenggara pemilu juga melakukan simulasi proses pemungutan suara di masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

"Kita melaksanakan apel dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak, selain itu kami juga melaksanakan kegiatan simulasi proses pemungutan suara di TPS," terang Kapolres Tuban.

Menurutnya, pada pelaksanaan pelakanaan Pilkada serentak nanti, Polres Tuban bersama Kodim 0811/Tuban akan mengerahkan sekitar 1000 personel, sedangkan Linmas sekitar 6000 personel dan dibantu dari Satpol PP.

"Untuk jumlah personel pengamanan, Polres Tuban mengerahkan 600 personel, Kodim 0811/Tuban mengerahkan 391 personel, Linmas sekitar 6000 personel dan Satpol PP 71 personel," tandas mantan Kapolres Madiun itu.

Sementara itu, pada masa pendemi ini hal-yang yang perlu diantisipasi dalam pengamanan Pilkada, salah satunya adalah mengarahkan masyarakat untuk selalu menerapkan prokes saat menggunakan hak pilihnya.

Sekadar diketahui, dalam pelaksanaan Apel pengamanan Pilkada tersebut hadir, PJU Polres Tuban, Komisioner KPU dan Bawaslu, Kasdim, Ketua Penvadilan Negeri, Kajari, Kepala Satpol PP Tuban.[hud/ito]