Kekeringan Teratasi, Panen jadi Lebih Cepat

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan bantuan 1 mobil tangki air berkapasitas 5.000 liter kepada Yayasan Bakti Anak Negeri Guna Kemajuan Indonesia Tercinta (BANGKIT) kelurahan Sumbergedong, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek dan 2 mesin pemanen padi kepada kelompok Mitra Sehati Kreatif, Kabupaten Pacitan.

Bantuan senilai Rp730 juta tersebut diserahkan oleh CSR Program BUMN Officer SIG, Sri Wachyuningsih dan diterima oleh Ketua Yayasan BANGKIT, Rino Bagas Wiranata bertempat di Yayasan BANGKIT, Kabupaten Trenggalek.

Ketua yayasan BANGKIT, Rino Bagas Wiranata menyambut baik bantuan mobil tangki air yang diberikan oleh SIG, menurutnya dengan adanya bantuan ini dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan air bersih yang selama ini kesulitan air jika musim kemarau tiba terutama masyarakat daerah pegunungan.

Bantuan mobil tangki air ini akan dipergunakan untuk mensuplai air bersih ke daerah daerah pegunungan yang selama ini kesulitan air bersih, diantaranya Kecamatan Panggul, Kecamatan Dongko, Kecamatan Pule, Kecamatan Bendungan dan Kecamatan Pogalan.

Daerah daerah tersebut untuk mencukupi kebutuhan air bersih hanya mengandalkan dari air hujan. Bila musim penghujan mereka mengambil air dari sumber mata air yang ada.

"Sedangkan musim kemarau mereka mendapatkan air bersih dari bantuan pemerintah dan swasta melalui tangki air seperti ini," kata Rino Bagas Wiranata dalam rilis resmi kepada blokTuban.com, Kamis (26/11/2020).

Ketua Kelompok Mitra Sehati Kreatif, Kabupaten Pacitan, Supriyanti, juga menyampaikan termakasih atas bantuan mesin pemanen padi yang diberikan oleh SIG, dengan adanya bantuan mesin pemanen padi ini warga dapat melakukan proses pemanenan dengan mudah dan cepat.

“Selama ini warga masih menggunakan proses manual untuk pemanenan padi sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk panen. Dengan mesin pemanen padi ini dapat meningkatan produktifitas lahan serta dapat mengurangi biaya panen, sehingga dapat meningkatkan penghasilan para petani, kata Supriyanti.

Sementara itu, General Manager of CSR SIG, Edy Saraya berharap bantuan mobil tangki air yang telah diserahkan dapat membantu masyarakat khusunya yang tinggal di 6 Kecamatan di Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan penyediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Sekaligus bantuan mesin pemanen padi juga dapat meningkatkan produktifitas lahan pertanian," pungkasnya. [ali/ito]