Bentuk Barisan RT, PAN Yakin Raih Kemenangan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pada Pilkada Tuban 9 Desember 2020, Partai Amanat Nasional (PAN) mengusung pasangan Setiajit dan Armaya Mangkunegara (Setia-Negara) sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban 2021-2024.

Delapan belas hari menjelang pesta demokrasi, Ketua DPD PAN Tuban, Agung Supriyanto mengumpulkan para kader di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Sabtu (21/11/2020) malam.

Pertemuan sederhana kesekian kali ini dihadiri oleh Ketua DPW PAN Jawa Timur,
Achmad Rubai sekaligus Paslon Setia-Negara. Acara diawali dengan pembacaan Pakta Integritas antara PAN dan Paslon 03 yang dibacakan oleh Mashadi Bendahara DPD PAN Tuban.

Disusul dengan pembacaan rekomendasi DPP PAN terhadap Setia-Negara untuk maju sebagai Cabup dan Cawabup Pilkada Tuban 2020.

"Acara ini untuk meneguhkan komitmen dalam rangka memenangkan pasangan nomor 03 Setia-Negara karena telah menjadi keputusan partai," ucap Achmad Rubai kepada blokTuban.com, Minggu (22/11/2020)

Hari ini para kader juga diberikan pendidikan politik internal, tujuannya membangun sebuah kesadaran dan akan timbul gerakan. Disusul dengan timbul pengertian bahwa satu-satunya kandidat yang bisa membawa Tuban lebih unggul adalah Setiajit dan Gus Maya.

Kalau pengertian ada maka akan timbul keyakinan dan akan disebarkan ke seluruh masyarakat Tuban untuk tidak keliru memilih pemimpin. Faktor dominan majunya sebuah kabupaten ditentukan oleh pemimpinnya.

"Kami meyakini pak Setiajit kredibel karena memiliki pengetahuan yang memadai sebagai mantan birokat. Berpengalaman dan memiliki jaringan luas," tegas Rubai di malam kebulatan tekad untuk meraih kemenangan.

Semua kader PAN, lanjut Rubai memiliki kewajiban tegak lurus terhadap intruksi partai. Kader KW1 adalah mereka yang loyal terhadap partai, jika terdegradasi bisa jadi turun sebagai kader KW2.

Lebih dari itu, Rubai juga memberi bocoran sedikit strategi PAN di Pilkada dengan telah membentuk Baret atau barisan RT. Kalau barisan jelas komandonya, dan tiga orang telah bekerja berbasis RT.

"Itulah sumbangan PAN dengan tidak banyak bicara. Kami terus bekerja untuk mengamankan suara di Pilkada," tambahnya.

Sementara itu, Agung Supriyanto menyampaikan bahwa hasil survey terakhir Paslon 03 memenangkan petarungan di Pilkada. Tentu hasil ini menggembirakan. Tinggal selisih 18 hari ini, pikiran, hati, tenaga dicurahkan untuk mengawal Paslon 03 terpilih.

"Ketua DPW PAN Jawa Timur, Rubai hadir ingin memberi roh, semangat dan mendampingi PAN memenangkan Setia-Negara," sambung Agung.

Ditegaskan Agung bawah kekuasaan adalah variabel yang menentukan kebesaran PAN di Kabupaten Tuban. Seperti di Lamongan dan Bojonegoro.

Dua kali debat kapasitas Setia-Negara diuji. Sebelumnya ratingnya agak lambat, tapi sekarang melejit dibanding paslon lainnya. Masyarakat telah tahu kapasitas Paslon 03.

Calon Bupati Tuban Setiajit, mengucapkan terimakasih kepada PAN yang telah memberi kepercaryaan dan diusung di Pilkada. Kabar gembiranya survei 2 hari lalu, Setia-Negara telah memenangkan di 11 kecamatan.

"Seluruh partai pengusung akan diupayakan duduk di kursi pimpinan dewan dengan menguasai 75 persen kursi," janji mantan Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan Cawabup Gus Maya menekankan, pada prinsipnya waktunya menang tidak lama lagi. Semangat PAN jangan hanya di lisan tapi harus dibuktikan dengan memenangkan Pilkada.

"Jam 3 sore tanggal 9 Desember kita wajib tau hasilnya kemenangan Setia-Negara. Puluhan ribu suara PAN harus dipertahankan dan ditingkatkan," tandasnya. [ali/rom]