Pokmas Sidomulyo Bersama BPBD Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kelompok Masyarakat (Pokmas) Tunas Muda Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban bersama tim BPBD Tuban menggelar simulasi Kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, Kamis (19/11/2020).

Pada kegiatan itu, Tim BPBD Tuban melakukan simulasi cara penanganan awal bencana kebakaran serta sejenis lainnya.

Lurah Sidomulyo, Achzar Pradiska mengatakan, kegiatan pelatihan kesiapsiagaan bencana tersebut diikuti peserta dari RT, RW serta Karang Taruna (Kartar).

"Kegiatan simulasi tanggap bencana yang menggunakan dana dari kelurahan ini merupakan salah satu prioritas utama dari total 8 program pemberdayaan masyarakat Sidomulyo," ujar Achzar usai kegiatan.

Tujuannya, sebagai langkah antisipasi penanggulangan bencana kebakaran ataupun bencana alam lainnya. Mengingat kelurahan Sidomulo merupakan daerah yang padat penduduk dan terletak di pesisir pantai.

"Kenapa kita ambil kegiatan kesiapsiagaan bencana ini karena kita melihat potensi wilayah dan SDM di sini. Di sini ada potensi kebencanaan yang mungkin saja bisa terjadi seperti kebakaran atau banjir roob," jelas Achzar.

Dia berharap, adanya pelatihan ini masyarakat Sidomulyo memiliki wawasan terkait penanggulangan bencana. Sehingga jika ada suatu bencana warga bisa siap siaga dan tanggap terhadap bencana tersebut.

Guna mendukung hal itu, pihak Kelurahan Sidomulyo juga telah membentuk tim tangguh bencana. "Setelah membentuk tim tangguh ini nanti ada evaluasi dan merencanakan kegiatan ke depan. Jadi nanti ada aplikasi kegiatan yang membuat masyarakat semakin tanggap dan siapsiaga pada bencana," pungkasnya.[hud]