Polres Tuban Gelar Apel Siaga Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jajaran Polres Tuban, Kodim/0811, BPBD, Dishub Kabupaten Tuban serta dinas terkait, menggelar Apel Siaga dalam rangka antisipasi terjadinya bencana alam atau bencana Hidrometeorologi tahun 2020, Senin (16/11/2020).

Dalam apel itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menyampaikan, pelaksanaan apel siaga antisipasi bencana Hidrometeorologi ini dilaksanakan setiap dipenghujung tahun.

Hal itu dikarenakan terjadinya curah hujan yang sangat tinggi. Sehingga berpotensi terjadinya berbagai bencana, seperti halnya tanah longsor, banjir, angin puting beliung dan bencana yang lainnya.

"Kita melaksanakan apel siap siaga ini yang menjukkan kesiapan kita baik sarana prasarana dan personel," terang Kapolres Tuban usai apel.

Lebih lanjut, Kapolres menambahkan usai dilaksanakan apel ini kegiatan selanjutnya akan dilakukan koordinasi dengan instansi terkait. Sehingga apabila terjadi bencana yang tidak dikehendaki para personel bisa kerjasama dan bisa bersinergi dengan instansi-instansi yang lainya.

"Seluruh personel kita siagakan, karena antisipasi bencana ini diseluruh wilayah. Sehingga semuanya siaga," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Plt BPBD Kabupaten Tuban Yudi Irwanto menambahkan, jika saat ini Kabupaten Tuban memasuki musim penghujan. Berdasarkan peta kerawanan, wilayah kerawanan berada disepanjang bantaran sungai Bengawan Solo.

Disamping itu, peta kerawanan juga terdapat di titik-titik yang lain dengan potensi bencana angin puting beliung serta tanah longsor.

"Kami imbau, pada musim hujan ini pohon-pohon yang sudah tua dan pohon yang kelihatan akarnya tidak kuat mari kita pangkas atau kita potong. Sehingga jika terjadi angin puting beliung tidak sampai roboh," pungkas Yudi.

Sekadar diketahui, dalam apel siaga antisipasi bencana alam Hdrometeorologi ini turut hadir, Kapolres, PJU Polres Tuban, Kasdim 0811/Tuban, Kepala Plt BPBD, Kepala Plt Dishub Tuban serta Kepala BMKG Tuban. [hud/rom]