Tak Ditemui Bupati, Ratusan Buruh di Tuban Tahlil dan Doa Bersama

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan buruh dari  Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Tuban menggelar aksi demo di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Kamis (12/11/2020).

Pantauan blokTuban.com, dalam aksi tersebut ratusan buruh menggelar tahlil dan doa bersama di depan Kantor Pemkab Tuban. Hal itu lantaran para buruh tidak kunjung ditemui oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda.

"Iya kita tadi tahlil dan doa bersama, sambil menunggu Bupati. Karena tadi hanya ditemui oleh Asisten Pemerintahan Joko Sarwono dan Dinas PTSP dan Naker Bu Asri," terang Ketua FSPMI Konsulat Cabang Tuban, Duraji.

Duraji menambahkan, FSPMI Konsulat Cabang Tuban akan melakukan aksi yang lebih besar lagi jika tuntutannya tidak dipenuhi dan akan terus mengawal terkait UMK Tuban hingga sampai ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

"Tadi perwakilan kita tidak sampai diskusi apapun karena kita minta ditemui langsung oleh Bupati," tandasnya.

Sementara itu, Joko Sarwono mengungkapkan perwakilan peserta aksi demo tidak sampai melakukan diskusi apapun, karena mereka minta ditemui oleh Bupati langsung. "Tadi belum sempat diskusi, karena mereka minta ditemui Bupati," pungkas Joko.

Sekadar diketahui, dalam aksi tersebut FSPMI Konsulat Cabang Tuban menyatakan sikap agar Bupati Tuban merekomendasikan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tuban tahun 2021 kepada Gubernur Jawa Timur sebesar Rp600 ribu.

Dengan alasan kondisi Covid-19 yang belum berakhir harus memaksa pekerja untuk menyisihkan upahnya dalam rangka memenuhi kebutuhannya akan Protokol Kesehatan.

Kemudian menyatakan sikap agar Pemkab Tuban mengabaikan rekomendasi Dewan Pengupahan Kabupaten Tuban tentang UMK Tuban tahun 2021 yang menggunakan dasar SE Menaker No: M/11/HK.04/X/2020. Karena UMP Jawa Timur pun ditetapkan dengan tidak memakai SE tersebut.

Serta menyatakan sikap Pemkab Tuban agar merekomendasikan Upah Minimum Sektoral bersamaan dengan UMK Kabupaten Tuban. Sebab banyak perusahaan besar di Kabupaten Tuban yang telah memenuhi kategori-kategori tersebut. [hud/rom]