PKK Bantu 300 Masker Tiap Desa di Kecamatan Jenu

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tuban, Qodiriyah Fathul Huda beserta rombongannya mengunjungi Kecamatan Jenu. Kunjungan kali ini untuk memantau langsung optimalisasi lahan di pekarangan kecamatan se-Kabupaten Tuban, Selasa (10/11/2020).

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari intruksi ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak, terkait fungsi dan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai lumbung hidup keluarga, baik dari segi pangan mau pun gizi.

Saat memantau lahan pekarangan di Kecamatan Jenu Ketua TP PKK, Qodiriyah menyampaikan kepada Ketua TP PKK baik tingkat kematan mau pun tinggat desa agar kantor pemerintahan yang belum mempunyai banyak tanaman untuk segera di tambah lagi, terutama untuk tanaman yang produktif dan bermanfaat, baik sayur maupun buah.

"Tanaman di lingkup perkantoran bisa seperti, polybag, pot, atau aquaponik yang dengan menyesuaikan luas area dan karakteristik tanah," ujarnya.

Tim Penggerak PKK dari kecamatan atau desa diharapkan bisa mengajak warga sekitar untuk ikut serta menanam tanaman di rumahnya masing-masing. Hal ini bertujuan agar masyarakat khusunya ibu-ibu dapat mengelola, mengatur dan memanfaatkan sebagai cadangan makanan keluarga.

"Selain kunjungan TP PKK juga menyerahkan bantuan masker secara simbolis kepada ketua TP PKK tingkat desa, dengan jumlah total 5.100 masker. Hal tersebut sebagai wujud nyata peran serta PKK dalam upaya memutus mata rantai covid-19 di Bumi Wali," tambahnya.

Di tempat yang sama Camat Jenu, Moh Maftuchin Riza sangat mengapresiasi atas kunjungan Ketua TP PKK Kabupaten Tuban. Selain itu Riza sapaan akrabnya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan 300 masker perdesa di Kecamatan Jenu.

"Kami tetap semangat untuk terus mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan kecamatan. Ada tidak ada lomba akan di manfaatkan secara maksimal," pungkas mantan Camat Bangilan. [ali/ito]