Terus Dievaluasi, CFD Perdana Belum Memuaskan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com -  GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban kembali ramai, setelah Car Free Day (CFD) dibuka pada Minggu (8/11/2020) pagi. Masyarakat yang kangen akan keramaian sontak memadati sepanjang Jalan Sunan Kalijaga hingga Patung Letda Soecipto. 

Pelaksanaan CFD hari pertama dipantau langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, Agus Wijaya. Agus berkeliling melihat para pedagang yang diwajibkan mengubah perilaku sesuai protokol kesehatan. 

"Hari pertama kami masih lakukan penataan tempat. Jaga jarak menjadi prioritas," ucap Agus Wijaya kepada blokTuban.com. 

Mantan Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban mengaku, belum puas dengan pelaksanaan CFD tersebut. Pihaknya masih harus mengevaluasi banyak hal, untuk menentukan keputusan CFD dibuka terus atau ditutup lagi. 

Diskoperindag menjadwalkan uji coba CFD tiga kali. Mulai tanggal 8, 15, dan 22 November 2020. Selain jarak antar pedagang, Agus juga akan memastikan kualitas produk yang dijual ke pengunjung. 

"Kami butuh komitmen semua pihak mulai pedagang dan pengunjung untuk sama-sama disiplin menerapkan 3M," imbuhnya. 

Diketahui, CFD menjadi pusat keramaian di Kabupaten Tuban yang paling akhir dibuka. Setelah wisata dibuka untuk umum, pasar di Minggu pagi dirancang dengan taat protokol kesehatan. 

Sebelumnya CFD ditutup ketika Kabupaten Tuban berstatus zona merah atau resiko sebaran tinggi. Sekarang Tuban masih status oranye atau resiko sedang sebaran Covid-19. [ali/col]