Patung Dewa Empat Muka Berwarna Emas dari Thailand Ada di Klenteng Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Baru-baru ini, Patung Dewa berwujud empat muka berwarna emas telah dibangun di halaman belakang Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban.

Patung Buddha bernama She Mien Fo tersebut didatangkan langsung dari Bangkok, Thailand. Rencananya, patung setinggi 129 centimeter itu bakal diresmikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Se Mien Fo yang jatuh pada Senin 9 November 2020.

"Patung bakal diresmikan oleh Biksu YM Bhante Khanit Sannano Mahathera asal Thailand. Pakar Fengshui Putri Wong Kam Fu juga akan datang pada minggu besok," kata Ketua Penilik Demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban, Alim Sugiantoro, Sabtu (7/11/2020).

Alim Sugiantoro menambahkan, nantinya umat bisa datang melihat dan beribadah di Kwan Sing Bio tidak perlu ke Bangkok, terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, pembangunan itu sebagai bentuk kerukunan umat dalam melengkapi unsur tiga agama yang ada di kelenteng yakni Khonghucu, Buddha dan Tao.

Perbedaan umat yang ada di Kelenteng Tuban harus dihormati, kelenteng tidak boleh dijadikan tempat ibadah Wihara atau di Buddha kan. Sebab, tiga agama ada di dalamnya.

"Yang mau datang ingin melihat patung empat muka ini harus mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan," pungkas Alim.

Sebatas diketahui, dana pembangunan dewa empat muka itu berasal dari sumbangan keluarga Ketua Penilik Demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban Alim Sugiantoro bersama istri, serta didukung beberapa pihak.[hud/ito]