Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UMM Optimalkan UMKM Desa Sokosari

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Dampak pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian warga, khususnya pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi PR tersendiri bagi masyarakat serta pemerintah desa untuk membangkitkan stabilitas.

Hal itu juga yang membuat sejumlah mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan pengabdian masyarakat di Desa Sokosari, Kecamatan Soko. Pengabdian masyarakat ini telah berlangsung sejak 21 Oktober 2020 hingga 19 November 2020 mendatang.

"Untuk kegiatan kali ini, kita libatkan Ibu-Ibu PKK dan elemen Karang Taruna," kata Anisa Dewi Anggraini, Ketua Koordinator Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang, Jumat (6/11/2020).

Mahasiswi asal Desa Sokosari itu juga menjelaskan, dalam kegiatan ini peserta diberikan materi Promosi UMKM Melalui dunia Digital, berikut sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS).

"Melalui kegiatan ini, masyarakat Desa Sokosari nantinya diharapkan bisa menambah motivasi dalam pengembangan usaha UMKM," tandasnya.

Giat PMM oleh mahasiswa UMM bertajuk mengoptimalkan UMKM dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Desa Sokosari ditengah pandemi Covid-19 ini, juga disambut hangat oleh pemerintah desa setempat.

"Saya ucapkan banyak terimakasih. Dan, semoga bisa memberi manfaat kepada masyarakat dalam peningkatan pendapatan ekonomi ditengah Covid-19," tutur Kepala Desa (Kades) Sokosari, Edi Purnomo mengapresiasi. [feb/col]