98 Perangkat Desa Kosong, Tes Direncanakan Pasca Pilkada

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pelaksanaan tes perangkat desa di Kabupaten Tuban direncanakan berlangsung pada bulan Pebruari 2021. Pelaksanaan tes tersebut ditunda hingga Pebruari akibat dampak Covid-19 serta menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Peningkatan Kapasitas Aparat dan Lembaga Pemerintahan Desa Dispemas KB Tuban, Suhut. Dia menyampaikan, tes perangkat desa direncanakan berlangsung pada bulan Februari 2021 mendatang.

"Tanggal kepastiannya belum ditentukan, Insya Allah Pebruari itupun tetap melihat sikon covid-19," terang Suhut saat dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (2/11/2020).

Sebelumnya, Suhut mengatakan pelaksanaan tes perangkat desa telah dijadwalkan pada April 2020. Namun, karena kondisi pandemi sehingga ditunda hingga November 2020.

Pada Bulan November, pelaksanaan tes perangkat desa juga kembali ditunda lantaran masih dalam masa pandemi Covid-19 serta berbenturan dengan rangkaian pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. 

"Kami belum berkoordinasi dengan pihak kecamatan, ini lagi rencana. Nggak jadi November sebab benturan dengan Pilkada," tandas Suhut.

Sekadar diketahui pada pelaksanaan tes perangkat desa ini ada sebanyak 98 lowongan perangkat dengan jumlah desa yang mengikuti sebanyak 80 desa. Adapun berbagai tahapan rekrutmen telah dilaksanakan, mulai pembentukan panitia rekrutmen perangkat desa hingga pendaftaran peserta.[hud/col]