Tak Perlu Khawatir Wisata ke Batu Van Tuban, Pengelola: Aman Dari Covid

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pengelola Wisata Batu Van Tuban, Susanto mengatakan, selama libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H atau Oktober 2020 kunjungan wisatawan masih lesu. Meskipun sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

"Jika dibanding sebelumnya, penurunan kunjungan wisata turun 50 persen," ujar pengelola wisata di desa Tingkis, Singgahan, Tuban tersebut kepada blokTuban.com, Minggu (1/11/2020).

Menurut Susanto, berbagai upaya sudah dilakukan untuk menarik kunjungan ke wisata yang menyajikan view alam pedesaan berlatar belakang air terjun Nglirip dan suasana khas desa tersebut. Bahkan, spot-spot foto instagramable juga ditambah.

"Selain spot foto kita juga menambah fasilitas hiburan dan atraksi bagi wisatawan. Namun belum bisa maksimal kunjungannya," jelas pria yang juga menjabat sebagai direktur BUMDesa Tingkis itu.

Untuk menarik wisatawan, kini pengelola memanfaatkan promosi lewat media sosial. Selain itu komunikasi melalui relasi atau jaringan juga diperluas.

"Semoga kondisi cepat pulih. Sehingga pemberdayaan masyarakat desa dan ekonomi masyarakat meningkat," harapnya.

Susanto juga meyakinkan kepada calon wisatawan jika akan berkunjung ke Batu Van Tuban tidak perlu khawatir. Sebab sistem pengelolaan wisata yang juga memiliki area river tubing tersebut telah melaksanakan imbauan Pemerintah dalam mengurangi risiko penularan sekaligus mengantisipasi munculnya klaster baru penyebaran Covid-19.

"Tidak perlu khawatir, kita telah melaksanakan skrining ketat bagi crew maupun pengunjung wisata. Sehingga kami pastikan aman dan nyaman," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]