Polres Tuban Teken MoU Perlindungan Hutan dengan 3 KPH

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Gedung Sanika Satyawada Mapolres Tuban, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono melaksanakan penandatangan Nota Kesepahaman Perlindungan Hutan dengan Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara di wilayah hukum Polres Tuban, Selasa (27/10/2020).

Perum Kehutanan Negara di wilayah hukum Polres Tuban tersebut diantarannya adalah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tuban, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Parengan dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Jatirogo.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Perlindungan Hutan tersebut adalah bentuk pedoman bagi para pihak dalam rangka perlindungan hutan serta dalam rangka meningkatkan koordinasi dan kerjasama antara Polres Tuban dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di wilayah Kabupaten Tuban.

"Semoga dengan penandatanganan MoU ini, kedepan kerjasama yang sudah baik antara Polres Tuban dengan Perhutani bisa ditingkatkan semakin solid lagi dalam menjaga kelestarian dan keamanan hutan di wilayah Tuban," terang Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono.

Lebih lanjut, Kapolres menekankan agar Polsek dan jajarannya yang memiliki kawasan hutan untuk membantu pengamanan serta pendampingan dalam penanganan permasalahan-permasalahan.

"Tingkatkan kegiatan patroli bersama anggota Polsek baik siang maupun malam untuk mengantisipasi para pelaku pencurian kayu. Walaupun pelaku pencurian perorangan bisa jadi mereka terkoordinasi dan terorganisir, ada yang menggerakkan," imbuh AKBP Ruruh.

Sementara itu Administrator KPH Tuban Tulus Budiadi, menyampaikan banyak terimakasih kepada Polres Tuban atas dukungan dan kerjasamanya selama ini semoga kedepan bisa terus sinergi dan tetap solid.

"Terimakasih kepada Bapak Kapolres Tuban atas dukungan dan kerjasamanya selama ini. Semoga kedepan bisa terus sinergi. Kerja sama ini akan mendorong kami untuk lebih giat lagi dalam mengamankan hutan, dengan mengedepankan pembinaan terhadap masyarakat, sehingga bisa memutus tindak pencurian kayu,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut turut dihadiri oleh Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono dan para PJU Polres Tuban, Adm KPH Tuban Tulus Budiadi, Adm KPH Parengan Ir. Setyo Salindra Putri, Adm KPH Jatirogo Panca Putra Majusi, serta anggota Polres Tuban.[hud/ito]