43 Dewan Hakim dan Panitera MTQ XXIX Dikukuhkan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sejumlah 43 Dewan Hakim dan Panitera MTQ XXIX Kabupaten Tuban Tuban dikukuhkan Bupati Tuban, Fathul Huda pada Senin (26/10/20) malam di Pendopo Kridho Manunggal Tuban.

Pengukuhan ini dalam rangka membangun generasi Qur’ani  yang cinta dengan Alqurn. Generasi tersebut bisa dipertahankan dengan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Semangat membumikan Alquran ini menurut Bupati Huda adalah wujud nyata dari hasil perjuangan bersama semua pihak yang dilakukan selama ini, sehingga pada MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 yang lalu, Kafilah Kabupaten Tuban berhasil menjadi Juara Umum.

"Dengan adanya piala yang pernah kita raih menjadikan motivasi untuk memperjuangkan bagaimana Alquran ini tetap membumi di Bumi Wali," harapnya. 

Bupati asal Montong itu menekankan MTQ jangan hanya dijadikan ajang perlombaan semata, tetapi MTQ punya makna lebih penting yaitu memberikan motivasi dan pemahaman, bagaimana bisa membaca Alquran dengan merdu, tartil dan fasih.

Dalam pelaksanaan MTQ, Dewan Hakim memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam memberikan penilaian kepada setiap peserta kafilah dari 20 Kecamatan Se-Kabupaten Tuban, karena dari penilaian yang benarlah akan dihasilkan kader-kader Qur’ani yang berkualitas.

“Saya yakin tanpa sumpah pun yang menjadi dewan hakim adalah mereka yang bagus dan dapat dipercaya. Namun  pengambilan sumpah Dewan Hakim adalah sebagai ikhtiar bersama, karena yang akan kita bangun adalah kader-kader yang menyuarakan kalamullah,” imbuhnya. 

Setelah mengambil Sumpah Dewan Hakim MTQ XXIX, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Tuban, Budi Wiayana menjelaskan pada pelaksanaan tahun ini MTQ Tingkat Kabupaten Tuban dilaksanakan berbeda karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

MTQ dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 26 sampai dengan 28 Oktobe 2020 dengan tempat pelaksanaan di Pendopo Kridho Manunggal, Gedung Korpri dan Masjid Agung Tuban. 

"Kepada Panitia, Peserta dan Pendamping Harus mematuhi Protokol Kesehatan," pinta Budi wiyana.

Budi yang juga Sekda Tuban berharap dari MTQ Tingkat Kabupaten ini, akan didapatkan kader-kader terbaik asli Bumi Wali Tuban yang selanjutnya akan dibina dan diikut sertakan dalam MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Untuk anak-anak kita yang sebelumnya menang di MTQ Tingkat Provinsi, Tahun ini akan mengikuti MTQ Tingkat Nasional di Padang Sumatera Barat, untuk itu kami mohon dukungan semua masyarakat, agar Kafilah Tuban yang mewakili Jawa Timur bisa meraih kemenangan," harapnya. 

Adapun Dewan Hakim yang diambil sumpah adalah sebanyak 43 Orang yang diketuai oleh Eko Julianto, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Tuban dengan Sekretaris Moh. Qosim, Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban. [ali/col]