Prediksi Gelombang Tinggi, Lima Hari Kedepan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini gelombang tinggi air laut wilayah perairan Jawa Timur (Jatim).

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Rofiq Isa Mansyur mengatakan, berdasarkan hasil rilis BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya, untuk hari ini dan lima hari kedepan diperkirakan gelombang laut tinggi di wilayah perairan Jatim.

Hal tersebut disebabkan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Tenggara sampai Barat daya dengan kecepatan 4 hing6ga 20 Knot.

"Sedangkan untuk wilayah Indonesia dari Timur sampai Tenggara dengan kecepatan 4-30 knot," ungkap Rofiq Isa Mansyur, Kamis (15/10/2020).

Lebih lanjut, kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Selat Jawa, Samudra Hindia tepatnya selatan Banten, perairan barat Kepulauan selayur, selat Makassar bagian selatan, laut Arafuru. Kondisi ini yang mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

"Untuk perairan Tuban-Lamongan tinggi gelombang sekitar 1,25-2,5 meter," ujarnya.

Ia berharap, bagi pengguna perairan khususnya nelayan untuk tetap berhati-hati ketika melaut dan waspada apabila ada perubahan cuaca yang siginifikan.

"Dan ikuti terus informasi dari BMKG sebagai penunjang kegiatan masyarakat setiap harinya," tandasnya. [nid/rom]