Gathering Bareng Media, BPJS Kesehatan Luncurkan  Pelayanan Administrasi Online

 

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Bojonegoro menggelar media gathering bareng wartawan Kabupaten Tuban. Acara dilaksanakan di Restoran Jalan Moh Yamin Tuban. 

Kepala BPJS Cabang Bojonegoro, Janoe Tegoeh Prasetijo mengatakan, kegiatan ini selain untuk mempererat tali silaturahim antara media dan BPJS Kesehatan, juga untuk mengoptimalkan pelaksanaan program JKN-KIS khususnya dalam masa pandemi Covid-19.

"Dalam masa pandemi ini, kami melakukan layanan terbatas tatap muka dan diganti dengan pelayanan online," ujar Janoe Tegoeh Prasetijo, Jumat (9/10/2020).

Lebih lanjut, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan Bojonegoro Eveline Albertina memaparkan, Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa) dengan nomor 082334909312. Terdapat beberapa jenis layanan di antaranya, pengurangan anggota keluarga; perubahan dokter, klinik, Puskesmas; perubahan kelas rawat; perubahan identitas.

"Pengaktifan dan penonaktifan WNI dari luar negeri atau dalam negeri," ujar Eveline Albertina.

Lanjut, pencetak kartu; pendaftaran baru peserta mandiri (PBPU dan BP); perubahan data PNS/TNI dan Polri; aktivasi PPU usia anak lebih dari 21 tahun dan pendaftaran bayi baru lahir.

"Untuk bayi yang lahir di Rumah Sakit (RS) dapat langsung mendatangi Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) untuk melakukan pendaftaran," imbuhnya.

Selain itu, untuk layanan administrasi pemberian informasi dan penanganan pengaduan juga dapat dilayani melalui kanal layan lainnya yaitu, aplikasi mobile JKN yang dapat di unduh di App store dan play store; BPJS Kesehatan care center 1500400 dan Chika di nomor 08118750400.

"Untuk Chika khusus pelayanan informasi dan pengaduan," tuturnya. [nid/]