Dispemas-KB Tuban Gelar Grand Final Duta Genre 2020, Ini Juaranya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas dan KB) Kabupaten Tuban menggelar Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) tahun 2020 di Taman Wire Kota Tuban, Minggu (27/9/2020).

Kepala Dispemas dan KB Tuban, Nurjanah menyampaikan, pendaftar pertama dalam program Pemilihan Duta Genre 2020 ini ada sebanyak 30 orang remaja. Namun setelah melalui seleksi administrasi, wawancara dan tes tulis tersaring 10 remaja.

"Ada 10 peserta yang lolos hingga Grand Final Pemilihan Duta Genre tahun 2020 ini. Nantinya di Grand Final ini akan dipilih juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2 baik putra maupun putri," terang Nurjanah di lokasi Grand Final.

Dia menjelaskan, program ini dikembangkan dalam rangka untuk menciptakan anak remaja yang sehat, cerdas dan ceria serta menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan.

"Program ini mengedepankan pembentukan karakter di kalangan remaja dan mengajarkan pada remaja untuk menghindari pernikahan dini, seks pra nikah dan Napza," terang Nurjanah.

Lebih lanjut, tujuan dari pemilihan Duta Genre ini adalah untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui program Genre di kalangan remaja agar memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

"Harapan dari kegiatan ini adalah terpilihnya Duta Genre tahun 2020, sehingga bisa menjadi contoh, figur dan teladan bagi remaja lainnya," harapnya.

Menurutnya, pemilihan Duta Genre ini juga untuk mewakili Kabupaten Tuban dalam ajang pemilihan Duta Genre tingkat Provonsi pada 2021 mendatang.

Adapun dari hasil Grand Final Pemilihan Duta Genre tahun 2020 Kabupaten Tuban adalah sebagai berikut:


Juara 1 Putra: Ahmad Alfan dari PIK SMAN 2 Tuban dengan perolehan skor 953,5.

Juara 2 Putra: M. Okky Tri Hartanto dari PIK SMK Manbail Futuh dengan skor 899.

Juara 3 Putra: Tito Avandi dari PIKR SMAN 2 Tuban dengan skor 863,5.


Juara 1 Putri: Dwi Maya Firdayanti dari PIK R Spesial STIKESNU Tuban dengan skor 946,5.

Juara 2 Putri: Yunida Anggun dari PIK R SMAN 2 Tuban dengan skor 935.

Juara 3 Putri: Odilia Ika Putri dari PIK R SMAN 2 Tuban dengan skor 915,5.


Harapan 1 Putra: Ananda Fitra dari PIK R SMAN 2 Tuban dengan skor 860,5.

Harapan 2 Putra: Sayoga Dwi Prangga dari PIK R Spesial STIKESNU Tuban dengan skor 789.


Harapan 1 Putri: Qurota Ayun dari PIK R SMAN 2 Tuban dengan skor 842.

Harapan 2 Putri: Nabilla Fiddini dari PIK R Tunas Bakti Palang dengan skor 837.