Karang Taruna Kecamatan Tuban Gelar Pelatihan Wirausaha

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Karang Taruna (Kartar) Kecamatan Tuban menggandeng Tuban Creatif Hub menggelar pelatihan wirausaha di Pendopo Kantor Kecamatan setempat, Sabtu (26/9/2020).

Pelatihan itu diharapkan mampu menumbuhkan semangat kemandirian berorganisasi serta bisa mengajak Karang Taruna ditingkat Kelurahan dan Desa, untuk bersama membangun perekonomian ditengah pandemi Covid-19, Sabtu (26/9/2020).

Ketua Karang Taruna Kecamatan Tuban, Imam Masduki mengatakan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menggugah gairah pemuda dalam entrepreneurship. Dan endingnya setelah kegiatan ini ada folow up hingga kedepan sampai dengan memiliki usaha sendiri.

“Semoga tidak berhenti setelah ini, basecamp yang nanti akan kita tempati bersama menjadi rumah kreatif teman-teman semua dalam mengembangkas usaha,” ujar Imam Masduki.

Sementara itu, Camat Tuban, M. Dani Rahmadani menyampaikan salah satu perhatian dari pemerintah adalah pemuda sebagai masa depan bangsa yang disiapakan untuk menjadi barisan berikutnya.

Memontum kegiatan ini bisa dijadikan tolak ukur karang taruna untuk eksis dibidang apapun. Sebab, dari beberapa wilayah yang pernah disinggahi rata-rata gerakannya stagnan tidak ada perkembangan.

“Manfaatkan organisasi ini kawah candradimuka, ekplorasi diri untuk hal positif. Wujudkan kebanggaan kalau kalian karang taruna,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Majelis Pembina Karang Taruna (MPKT) Kabupaten Tuban M. Miyadi menambahkan, ini merupakan inovasi yang bagus dan perlu dipertahanakan bahkan ditingkat.

Sebab, Karang Taruna Kecamatan Tuban yang keberadaannya ditengah kota ini mempunyai banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Contoh parkir, yang bisa berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, namun harus dikelola dengan profesional dan banyak lagi yang lainnya.

“Segera lakukan inovasi diri, untuk menggugah perekonomian di Kecamatan Tuban yang sempat terseyok-seyok di masa pandemi,” pungkasnya.[hud/ito]