Gaya Hidup Sehat bisa Perpanjang Umur Pengidap Penyakit Kronis

Reporter: -

blokTuban.com - Menerapkan gaya hidup sehat memiliki segudang manfaat. Hal ini juga disebut bisa memperpanjang umur seseorang, sekalipun memiliki riwayat penyakit kronis. Gaya hidup sehat yang disarankan adalah rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi seimbang, serta tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Sebuah studi menunjukkan bahwa menerapkan gaya hidup sehat, terutama berhenti merokok, bisa memperpanjang umur 6-7 tahun. Selama ini, pola hidup sehat memang dikenal menyehatkan. Namun, belum banyak penelitian yang dilakukan terkait dampak hidup sehat pada orang-orang yang memiliki riwayat penyakit kronis, seperti diabetes, hipertensi, hingga kanker.

Baru-baru ini, sejumlah peneliti dari UK Research mengamati 93,736 orang dewasa yang memiliki riwayat dua atau lebih penyakit kronis. Rata-rata orang yang menjadi partisipan penelitian sudah mengidap penyakit kronis setidaknya lima tahun. Dalam penelitian tersebut, ada 4 faktor gaya hidup yang diamati, yaitu aktivitas fisik harian, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, serta makanan yang dikonsumsi.

Peneliti kemudian meminta partisipan menerapkan pola hidup sehat, terutama pada 4 faktor tersebut. Hasilnya, gaya hidup sehat bisa memperpanjang umur hingga 6,3 tahun pada laki-laki dan 7,6 tahun pada perempuan. Sayangnya, hasil yang berbeda ditunjukkan oleh kelompok yang mengidap lebih dari dua penyakit kronis. Pertambahan usia cenderung lebih rendah pada kelompok tersebut.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa berhenti merokok menjadi faktor yang paling berpengaruh dan banyak memberi manfaat. Pada orang dewasa berusia 45 tahun, perokok diketahui memiliki usia hingga 5 tahun lebih pendek dibanding orang dengan usia sama yang tidak merokok. Sementara aktivitas fisik disebut menyumbang perpanjangan usia sekitar 1 hingga 2,5 tahun.

Nyatanya, kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko muncul gangguan kesehatan, seperti kanker paru, penyakit jantung, gangguan organ hati, hingga penyakit pankreas. Sederet masalah tersebut bisa menurunkan peluang seseorang memiliki umur yang panjang. Konsumsi alkohol dalam jangka panjang dan berlebih juga bisa memengaruhi organ tubuh dan memicu penyakit.

Resep panjang umur lainnya adalah mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang. Tidak hanya memperpanjang umur, kebiasaan makan sehat juga bisa meningkatkan kualitas hidup. Disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Makan sehat bisa membantu menurunkan risiko penyakit mematikan, seperti penyakit jantung, kanker, hipertensi, dan stroke.

Biar panjang umur, disarankan juga untuk melakukan aktivitas fisik serta rutin berolahraga. Gaya hidup sehat ini bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, diabetes, hingga masalah mental seperti depresi. Orang yang rutin berolahraga disebut memiliki rata-rata usia lebih panjang dibandingkan yang tidak berolahraga.

Biar lebih sehat, biasakan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit per hari. Namun, pastikan untuk tidak memaksakan diri terutama jika memiliki riwayat penyakit kronis. Pastikan untuk berbicara terlebih dahulu pada dokter sebelum memilih jenis olahraga yang akan dilakukan. Ketahui batas diri dan pastikan tubuh juga mendapat cukup waktu istirahat.

Memiliki pola tidur cukup, yaitu 6-8 jam setiap hari juga bisa memperpanjang umur. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stres, serta depresi. Selain durasi tidur, disarankan juga untuk bangun di jam yang sama setiap pagi agar ritme kerja tubuh lebih teratur.

Sumber: https://www.halodoc.com/gaya-hidup-sehat-
bisa-perpanjang-umur-pengidap-penyakit-kronis