Disparbudpora Tuban Cek Kesiapan Jelang Pembukaan Bioskop

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, mengecek kesiapan jelang pembukaan bioskop New Star Cineplex (NSC) Ultima Tuban di masa adaptasi kbiasaan baru (New Normal), Kamis (6/8/2020).

Pengecekan tersebut dalam rangka untuk memastikan kesiapan pihak manajemen dalam menjalankan SOP pencegahan Covid-19. Dinas terkait bersama tim Satgas Covid Tuban, Kapolsek, Camat dan Danramil akan mengikuti simulasi pelayanan di NSC Ultima pada, Jum'at esok hari.

Kabid Pariwisata Disparbudpora Tuban, Suwanto mengatakan, kegiatan peninjauan tersebut merupakan tindak lanjut dari pihak manajemen NSC Tuban yang mengajukan izin pembukaan kembali bioskop di era adaptasi kebiasaan baru.

"Besok kita akan lakukan simulasi untuk melihat sejauh mana kesiapan manajemen dalam menjalankan prokol pencegahan Covid-19," terang Suwanto.

Lebih lanjut, jika melihat kesiapan saat ini, Bioskop NSC Ultima belum sepenuhnya memenuhi seluruh persyaratan pembukaan kembali bioskop. Masih banyak hal yang perlu disiapkan seperti imbaun penetapan area wajib masker, penyediaan cuci tangan dan penerapan SOP pencegahan Covid-19 dan lainnya.

"Hari ini kami ke sini mengecek kesiapan mereka, ternyata masih banyak yang harus disiapkan dan ini harus dipenuhi dan nanti Harus dipatuhi selama beroperasi," imbuh Suwanto.

Dia menjelaskan, saat pembukaan nanti jumlah penonton bioskop dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas normal. Jika sebelumnya mampu menampung 300 orang, maka nanti hanya diperbolehkan 150 orang.

"Untuk jam operasional atau penayangan film juga dibatasi maksimal hingga jam 9 malam," jelasnya.

Dia juga berpesan, manajemen bioskop NSC Ultima Tuban serius menerapkan protokol pencegahan Covid-19 di kawasan bioskop. Sebab, pihaknya tidak ingin ada kluster baru dari tempat hiburan.[hud/ito]