Anggaran Tahap I Pilkada Tuban dari APBN Cair Rp5,9 M

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Fathul Ikhsan menyampaikan, anggaran tambahan Pilkada Serentak tahun 2020 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) telah cair Rp5,9 Miliar.

Pencairan tahap pertama itu diungkapkan oleh Fathul Ikhsan saat Ketua KPU RI Arief Budiman meninjau pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih di Bumi Wali, Minggu (26/7/2020) kemarin.

"Tahap pertama anggaran Pilkada dari APBN sudah cair Rp5,9 M," terang Fathul Ikhsan.

Sementara itu, Ketua KPU RI Arief Budiman mengungkapkan, anggaran tambahan Pilkada Serentak tahun 2020 pada masa Pandemi Covid-19 yang bersumber dari APBN hingga saat ini dapat terpenuhi dengan baik termasuk di Kabupaten Tuban.

"Semua tercukupi, tidak ada hambatan," terang Arief Budiman.

Lebih lanjut, pada tahap pertama KPU RI mengajukan sebanyak Rp1,02 Triliun dan telah cair sebanyak Rp941 Miliyar. Sedangkan pada tahap kedua KPU RI mengajukan sebanyak Rp3,2 Triliun yang jadwalnya akan cair pada Bulan Agustus.

"Kita tunggu bagaimana Kementrian Keuangan menilai ini, karena daerah juga diminta melakukan efisiensi. Jika bisa efisiensi maka tidak perlu pusat mentransfer 100 persen, tapi alokasi secara penuh sudah disediakan," pungkas Arief.[hud/col]