Dua Bulan Lagi Tuban Harus Zona Hijau

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda menginginkan wilayahnya berubah status dari zona merah ke zona hijau. Target paling cepat dua bulan lagi atau per Oktober 2020 mendatang.

"Kita inginnya segera zona hijau. Mengingat angka kesembuhan kasus positif Covid-19 terus meningkat hingga 74 persen," terang Bupati Huda di sela meresmikan wisata religi tangguh di kawasan Makam Sunan Bonang, Senin (27/7/2020).

Jika kesembuhan pasien corona trennya membaik, tentunya dua bulan lagi bisa di atas 90 persen. Hal ini bakal mengarahkan Bumi Wali segera ke zona hijau. Dengan adanya peresmian wisata religi tangguh dan sejumlah wisata alam di Bumi Wali, Bupati dua periode ini berharap adanya sinergi antara pengelola dengan pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Sebagaimana kita tahu bahwa disiplin adalah vaksin dari segala penyakit. Mari kita bersama mewujudkan Tuban zona hijau," seru Bupati kelahiran Montong.

Seiring dengan kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban yang terus meningkat, masih terjadi juga peningkatan kasus terkonfirmasi baru pada beberapa kecamatan.

Seperti terlihat dari data peta sebaran yang dirilis oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Sabtu (25/7/2020) selain adanya 13 pasien yang dinyatakan sembuh, masih terjadi 7 kasus baru, dimana 1 di antaranya sudah meninggal dunia.

"Penambahan ini termasuk satu pasien dari Kecamatan Singgahan. Sehingga dengan penambahan ini semua kecamatan di Kabupaten Tuban pernah memiliki riwayat pasien terkonfirmasi positif Covid-19," sambung juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati.

Pada akhir pekan lalu, kasus suspek berdasarkan peta sebaran adalah sebanyak 18 Orang. Sedangkan Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara kumulatif adalah sebanyak 181 orang dengan keterangan 118 orang sembuh, 16 meninggal dunia dan 47 masih dalam perawatan dan isolasi. [ali/ito]