8 Km Jalan Nasional di Tuban Rusak

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kondisi jalan nasional di Kabupaten Tuban di bawah pengawasan PPK 4.5 rusak parah sepanjang delapan Kilometer. Kerusakan meliputi jalan berlubang, retak, hingga bergelombang.

Pantauan di lapangan, untuk di wilayah Kota khususnya di Jalan Gajah Mada sampai Dr. Wahidin Sudirohusodo jalan nasional kondisinya berlubang.

Sedangkan dari Jalan Manunggal Selatan sampai pertigaan Pakah kondisi jalan bergelombang. Kondisi serupa mulai pertigaan Pakah hingga Jembatan Cincim Widang, jalan dalam kondisi gelombang dan retak.

Kepada blokTuban.com, PPK 4.5 ruas Tuban-Babat-Lamongan-Gresik, I Ketut Payun Astapa menjelaskan kondisi jalan rusak yang akan diperbaiki sepanjang delapan Km.

"Pekerjaan ini merupakan long segment dan perbaikannya ditarget rampung hingga bulan Maret 2021," ujarnya, Sabtu (25/7/2020).

Ketut menambahkan, perbaikan akan segera dilakukan karena tender sudah diteken di awal Juli 2020 ini. Pihaknya berharap para pengguna jalan untuk waspada dan berhati-hati melintasi jalan dengan kerusakan yang parah.

Diketahui, rusaknya jalan Pantura dipicu beberapa hal. Mulai dari musim hujan, hingga tonase kendaraan yang melintas baik dari Surabaya maupun Semarang.

Kondisi jalan nasional Tuban tersebut, juga menjadi fokus anggota DPR RI Fraksi PKB, Ratna Juwita Sari. Dia mendorong pemerintah untuk segera membangun tol laut.

"Tol laut menjadi alternatif dan percepatan ekonomi untuk mendukung operasi kilang minyak," tandasnya. [ali/ito]