BPBD Tinjau Perbaikan Tanggul di Desa Sembungrejo

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban meninjau perbaikan tanggul di Sembungrejo, Kecamatan Plumpang.

Kalaska BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irawan mengatakan, kegiatan hari ini adalah meninjau pengerjaan perbaikan tanggul di Desa Sembungrejo. Untuk tahap pengerjaan sudah pemasangan besi SPP atau besi berkait.

"Progres pengerjaan sudah 60 persen," ujar Yudi Irawan, Jumat (24/7/2020).

Lebih lanjut, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Kecamatan Plumpang, Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) dan pihak ketiga PT Adi Karya. 

"Upaya yang kami lakukan, agar pengerjaan ini cepat terselesaikan," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, pertama kali tanggul ambles terjadi pada akhir September 2019. Tepatnya di Desa Sembungrejo, Plumpang. Tanggul ambles dengan panjang retakan 70 meter, dan kedalaman 60 centimeter

Pada 2 Oktober 2019, Tim Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) telah melakukan upaya jojoh telo pada titik rekahan sepanjang 70 meter dan kedalaman 60 centimeter.

Akhir bulan Oktober 2019, rekahan tanggul makin lebar dan berbahaya. Prakiraan warga, panjang kerusakan tanggul kurang lebih 110 meter. Perbaikan tanggul ini merupakan sharing antara Pemkab Tuban dan BBWS beserta tenaga warga Plumpang. [nid/col]