Gelar Apel Patuh Semeru, ini yang Jadi Prioritas Polisi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Tuban menggelar Apel Pasukan Operasi Patuh Semeru 2020 di halaman depan Mapolres setempat, Kamis (23/07/2020). Kegiatan Apel Pasukan Operasi Patuh Semeru tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono.

Pada kesempatan itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menyampaikan, Operasi Patuh Semeru 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dimana kali ini, bertepatan dengan momen Perayaan Idul Adha 1441 Hijriyah dan massa adaptasi kebiasaan baru ditengah mewabahnya pandemi Covid-19.

"Sehingga secara administrasi dan teknis di lapangan, disamping melakukan antisipasi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran (Kamseltibcar) Lantas lonjakan arus mudik atau balik Hari Raya, tentunya Polri juga berupaya keras membantu pemerintah dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19," terang Kapolres Tuban.

Dia menjelaskan, tujuan pada pelaksanaan Operasi Patuh Semeru ini diharapkan bisa mendorong terciptanya situasi lalulintas yang aman terib dan lancar pada lokasi rawan Kecelakaan lalu Lintas, pelanggaran dan kemacetan.

Kemudian meningkatnya ketertiban dan kepatuhan serta kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dan berkurangnya tempat yang menjadi penyebaran Covid-19.

Sementara itu, waktu pelaksanaan Operasi Patuh Semeru akan berlangsung selama 14 hari. Terhitung mulai (23 Juli-5 Agustus 2020) yang difokukan pada kegiatan Preemtif dan Preventif dengan penerapan protokol kesehatan pada masyarakat yang berkendara di jalan.

"Dengan tujuan untuk meningkatkan ketertiban, kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas serta untuk mengurangi tempat penyebaran Covid-19," pungkas Kapolres.[hud/ito]