Disparbudpora Koordinasi dengan Komisi IV DPRD Tuban Bahas New Normal

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, adakan pertemuan dengan komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban terkait persiapan new normal.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Tuban, Sulistiyadi mengatakan, tujuan pertemuan tadi untuk membahas terkait persiapan new normal khususnya untuk bidang pariwisata. Dengan hasil, uji coba protokol kesehatan untuk bidang pariwisata akan segera dilakukan. 

"InsyaAllah, mulai minggu depan uji coba SOP kesehatan di tempat akan dilakukan melalui gugus tugas Covid-19 yang ada di setiap kecamatan,"ujar Sulistiyadi. Jumat,(17/7/2020).

Ia menjelaskan, SOP kesehatan tersebut di antaranya, bagi pengunjung wajib memakai masker, wajib mencuci tangan sebelum masuk, wajib membawa handsanitizer dan menjaga jarak dengan pengunjung lain.

"Segera melapor ke petugas apabila melihat atau mengalami gejala sakit," tuturnya.

Sedangkan bagi pedagang, akan tersedia stand khusus bagi pedagang kuliner, tempat jualan tidak gelap dan lembab, memastikan semua produk higienis, menyiapkan tempat cuci tangan dan lapak pedagang diatur 1.5 meter antara pedagang satu dan lainnya.

"Jarak pembeli satu dan lainnya juga di tata, jangan sampai bergerombol," imbuhnya.

Untuk pengelolaan tempat wisata, juga harus menyediakan tempat cuci tangan, menyiapkan petugas untuk mengukur suhu tubuh, menyediakan handsenitazer di berbagai tempat strategis, mengatur jarak pengunjung.

"Menyediakan alat - alat pelindung diri untuk karyawan seperti, masker dan sarung tangan," tuturnya.

Lebih lanjut, hasil dari uji coba tersebut nantinya akan ia koordinasikan dengan tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Tuban. Guna untuk menentukan kapan di bukanya kembali destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tuban. 

"Kita lihat dulu kalau masyarakat mematuhi peraturan, berati dalam waktu dekat akan segera di buka kembali," ungkapnya.

Ia berharap, kepada masyarakat Tuban untuk selalu mematuhi protokol kesehatan khususnya, untuk selalu menggunakan masker apabila sedang beraktivitas di luar rumah. 

"Juga selalu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," tandasnya. [nid/col]