Gudang Garam dan Grabagan Jadi Klaster Baru

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban harus terus ditingkatkan, terutama bagi masyarakat yang sudah mulai menjalankan aktifitas seperti biasa, karena salah satu tempat beresiko tinggi terjadinya penularan virus adalah di pasar dan tempat kerja.

Seperti terlihat dari penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19, Kamis (9/7/20). Empat klaster kembali menambah jumlah pasien konfirmasi positif, yaitu Klaster Pasar Leran Wetan, Klaster Grabagan, Klaster Gudang Garam dan Klaster Pasar Agro Babat.

"Hari ini ada penambahan 12 pasien konfirmasi positif Covid-19 dari empat klaster, klaster lama yaitu Pasar Leran Wetan dan Pasar Agro Babat serta Dua Klaster Baru yaitu dari Grabagan dan Gudang Garam," terang Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati.

Adapun jika dirinci dari tiga orang dari Klaster Pasar Leran Wetan adalah Perempuan 27 dan 50 tahun serta Laki-laki 35 tahun asal Kecamatan Palang.

Dari Klaster Pasar Agro Babat terdapat 1 penambahan yaitu perempuan 49 tahun yang sudah meninggal dunia dan dimakamkan pada tanggal 26 Juni 2020, sebelumnya almarhumah berstatus PDP meninggal Dunia.

Sedangkan hari ini juga terdapat klaster baru di Kecamatan Grabagan dengan penambahan lima orang yang merupakan kontak erat dari pasien konfirmasi positif sebelumnya yang sudah wafat dan memiliki riwayat bekerja di luar kota. Lima orang tersebut yaitu perempuan 19 dan 52 tahun serta Laki-laki 22, 38 dan 67 tahun asal Grabagan.

Untuk Klaster baru lainnya yaitu Klaster Gudang Garam, terdapat 3 pasien konfirmasi positif yaitu Perempuan 30 dan 38 tahun asal Palang dan Perempuan 38 tahun asal Plumpang.

"Namun harapan adanya kesembuhan masih sangat terbuka lebar, hari ini ada 2 Pasien Konfirmasi Positif yang sembuh yaitu Laki-laki 52 tahun asal Palang dan Laki-laki 52 tahun asal Widang," imbuh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini.

Jika melihat kondisi per hari ini, Kecamatan Palang masih menjadi Kecamatan dengan jumlah pasien konfirmasi positif tertinggi yaitu 33 orang secara kumulatif dengan 6 orang sembuh dan 27 orang yang masih menjalankan perawatan dan isolasi.

Masih menurut Endah Nurul, penerapan protokol kesehatan secara disiplin di tempat kerja dan tempat lain terutama yang berhubungan dengan banyak orang tidak bisa ditawar lagi. Diantara beberapa cara adalah dengan membawa alat makan dan perlengkapan ibadah sendiri, menyiapkan masker lebih dari satu, hand sanitizer dan tisu basah, selalu menggunakan masker setiap keluar rumah terutama jika sedang berbicara dengan orang lain, atur dan jaga jarak serta sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Peta sebaran yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, jumlah kumulatif pasien konfirmasi positif Covid-19 adalah sebanyak 131 orang dengan keterangan 52 orang sembuh, 10 orang Meninggal dunia dan 69 masih dalam perawatan dan isolasi.

Dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara kumulatif sebanyak 125 orang dengan keterangan 63 orang Sembuh, 32 orang Meninggal Dunia dan 30 orang masih dalam pengawasan. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) hari ini masih tersisa 24 orang dari 665 orang. [ali/ito]