Masa Pandemi, Jumlah Penderita DBD di Tuban Turun 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Terhitung mulai Januari hingga Juni 2020, jumlah penderita Deman Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Tuban menurun signifikan dibandingkan dengan jumlah penderita tahun lalu di bulan yang sama.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati. Menurutnya, jumlah penderita DBD di Kabupaten Tuban hingga bulan Juni 2020 berjumlah 33 orang.

Sedangkan, jumlah penderita DBD di Bumi Wali pada tahun 2019 lalu mulai dari Januari hingga Juni tercatat sekitar 140 orang atau sebanyak 397 orang dalam satu tahun.

"Sampai Juni 2020 jumlah penderita DBD ada 33 orang. Jumlah ini menurun dibandingkan jumlah penderita DBD pada enam bulan awal tahun lalu," terang Sekretaris Dinkes Tuban.

Lebih lanjut dia menyampaikan, penurunan jumlah penderita DBD di Kabupaten Tuban itu dimungkinkan karena musim penghujan yang tidak begitu panjang seperti tahun lalu. 

Selain itu, dengan adanya masa pandemi Virus Corona (Covid-19) ini masyarakat juga lebih rajin dalam menjaga kebersihan. 

"Bisa juga menurunya jumlah penderita DBD ini karena adanya pandemi yang mengharuskan kita menjaga kebersihan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Karena itu berdampak pada penyakit yang lain sehingga penyakit yang lain juga turun," jelas Endah.

Selanjutnya, Endah menambahkan, dari 33 penderita DBD yang tercatat di Dinkes Kabupaten Tuban tersebut memiliki usia yang bervariasi.[hud/ito]