BLT-DD Diperpanjang Tiga Bulan, ini Nominalnya...

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang awalnya disalurkan untuk tiga bulan, akan diperpanjang untuk tiga bulan kedepan. Namun besaran BLT-DD yang diterima masyarakat akan mengalami penyusutan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) RI, Halim Iskandar di Jombang. Perpanjangan BLT-DD untuk tiga bulan berikutnya ini sesuai permintaan dari Presiden RI Joko Widodo.

"Benar, BLT DD diperpanjang untuk tiga bulan berikutnya," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas Desa dan KB) Tuban, Nurjanah. Selasa,(7/7/2020).

Ia menjelaskan, untuk BLT DD tahap dua ini besaran bantuan mengalami penyusutan. Dari awalnya penyaluran BLT-DD senilai Rp 600 ribu setiap bulan Perkeluarga Penerima Manfaat (KPM), menjadi Rp 300 ribu perKPM untuk tiga bulan berikutnya.

"Sesuai instruksi dari pusat, mengalami penyusutan 50 persen,"ujarnya.

Lebih lanjut, untuk penyaluran BLT DD tahap pertama senilai Rp 600 ribu per-KPM, untuk bulan April dan Mei 2020 telah rampung disalurkan. Sedangkan untuk bulan Juni, yang diterima pada bulan Juli ini masih dalam proses.

"Masih dalam proses pengerjaan,"tandasnya. [nid/]