Uji Coba New Normal, Kesiapan Objek Wisata Terpantau di Raport

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Uji coba atau simulasi new normal di sejumlah objek wisata di Kabupaten Tuban masih menunggu disahkannya SOP kenormalan baru oleh Pemkab setempat. Sampel wisata besar kemungkinan yang dikelola oleh daerah, dan kemungkinan kecil oleh swasta.

Simulasi ini juga sempat dibahas dalam hearing gugus tugas kabupaten dengan gabungan komunitas pekerja seni di Bumi Wali akhir pekan lalu. Sekretaris Daerah Tuban, Budi Wiyana mengatakan dalam SOP tersebut di dalamnya diatur penyelenggaraan wisata, seni, budaya dan lain sebagainya.

"SOP segera difinalkan kemudian Pemkab akan melihat kesiapan khususnya di tiap objek wisata apakah sarana prasarana protokol kesehatan tersedia apa belum," terang Budi Wiyana kepada blokTuban.com, Senin (6/7/2020).

Dari monitoring di lapangan, mantan Kepala Bappeda Tuban juga menyebutkan raport setiap wisata. Kesiapannya akan kelihatan misal objek wisata A kekurangannya ini.

SOP kenormalan baru ini, bisa berupa surat edaran atau peraturan bupati. Saat sosialisasi aturan ini juga ada uji coba lagi. Untuk lokasi mana yang dipilih, Pemkab belum menentukannya secara rinci.

"Kita akan lihat apakah di pantai cemara atau objek wisata daerah. Dalam uji coba besar kemungkinan dilibatkan pentas seni budaya. Kolaborasi ini perlu untuk mempercepat kenormalan baru," imbuhnya.

Birokrat asal Nganjuk juga tidak berharap, dibukanya objek wisata dan kegiatan seni budaya akan menjadi kontraproduktif atau boomerang di daerah. Opini munculnya klaster wisata atau seni budaya sangat dihindari.

Data blokTuban.com, pada tahun 2019, dari 23 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tuban total jumlah pengujung mencapai 7.034.136 orang. Dinas Pariwisata, Kebudayan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, mencatat dari 23 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tuban baik yang dikeloka pokdarwis, desa atau pemerintah pada tahun 2019 jumlah pengujung mencapai 7.034.136.

Beberapa wisata andalan di Kabupaten Tuban beserta lokasinya, untuk yang dikelola Pemkab Tuban mulai Pantai Boom di Kelurahan Sendangharjo, Tuban. Goa Akbar di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding. Pemandian Bektiharjo, di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Wisata Kambang Putih (Kerjasama dengan pihak kedua) Belakang Terminal Baru Tuban.

Wisata yang dikelola Pokdarwis, mulai Pantai Kelapa di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang. Sendang Asmoro di Desa Ngino, Kecamatan Semanding. Air Terjun Nglirip di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan. Pantai Cemara di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu.

Wisata yang dikelola swasta yaitu Pantai Sowan di Desa Sowan, Kecamatan Bancar. Nganget dan Air Panas Prataan di Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan. Wisata Jatiwangi di Desa Tuwiriwetan, Kecamatan Merakurak dan beberapa wisata yang dikelola swasta lainya. [ali/ito]