Tracing Lanjutan Lima Orang Positif Corona

Reporter : Ali Imron

blokTuba.com - Penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tuban, selain masih didominasi klaster-klaster yang sudah ada, juga menyebar di beberapa tempat lain, bahkan berpotensi menjadi klaster baru.

Dari data hari Sabtu (4/7/20) kemarin yang menyebutkan adanya penambahan 5 orang Konfirmasi positif dari Klaster Widang asal Plumpang, setelah dilakukan lanjutan tracing pada hari ini dinyatakan bahwa 5 pasien konfirmasi positif dari Kecamatan Plumpang tersebut adalah 3 dari Klaster Widang dan 2 dari Klaster baru, yaitu Pasar Plumpang.

Sedangkan untuk Klaster Widang ada penambahan hari ini, 2 orang asal Kecamatan Tambakboyo.

Dalam rilis data yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Minggu (5/7/20). Tercatat adanya penambahan 7 Pasien Konfirmasi positif baru yaitu dari Kecamatan Tuban, Kecamatan Palang, Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Bangilan dan Kecamatan Tambakboyo.

Jika dirinci penambahan pasien konfirmasi positif tersebut adalah Perempuan (26) asal Jatirogo, Laki-laki (50) dan Perempuan (51) asal Tambakboyo, Perempuan (25) asal Tuban, Laki-laki (55) dan (62) asal Palang, serta Perempuan (62) asal Bangilan.

"Untuk pasien konfirmasi positif baru dari Kecamatan Bangilan, saat ini sudah meninggal dunia, sebelumnya almarhumah berstatus PDP," teranf juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati.

Sehari sebelumnya juga terdapat satu pasien konfirmasi positif meninggal dunia asal Kecamatan Kenduruan yang datanya masuk pada peta sebaran hari ini. Almarhum dinyatakan positif pada tanggal 3/7/2020.

Secara kumulatif saat ini jumlah pasien konfirmasi positif Covid-19 adalah sebanyak 118 Orang dengan keterangan 38 Sembuh, 9 meninggal dunia dan 71 masih dalam perawatan dan isolasi.

Sedangkan dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara kumulatif sebanyak 115 orang dengan keterangan 60 Sembuh, 30 Meninggal dunia dan 25 Masih dalam perawatan.

"Dua Penambahan PDP hari ini adalah perempuan (51) asal Kerek dan laki-laki (53) asal Widang," jelas Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban.

Penyebaran Covid-19 sampai saat ini masih terjadi, sehingga hal ini harus benar-benar di waspadai bersama. Penerapan protokol kesehatan harus dilaksanakan secara disiplin dimana pun kita berada.

"Karena saat ini disiplin adalah vaksin paling efektif menekan penyebaran Covid-19," pungkasnya. [ali/ito]