Perkiraan Gelombang Laut, untuk Lima Hari ke Depan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merilis perkiraan ketinggian gelombang dalam 5 hari kedepan wilayah perairan Jawa Timur (Jatim).

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Rofiq Isa Mansyur mengatakan, berdasarkan hasil rilis BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya. Untuk wilayah perairan Tuban diperkirakan gelombang laut sedang dengan ketinggian berkisar antara 0.4 sampai 2.25meter.

"Prediksinya untuk lima hari ke depan," ungkap Rofiq Isa Mansyur, Minggu(5/7/2020).

Hal tersebut disebabkan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari timur laut sampai tenggara dengan Barat daya dengan kecepatan 3 sampai 20 Knot. Sedangkan, di wilayahnya selatan Indonesia dari timur sampai tenggara dengan kecepatan 3-20 Knot. Untuk Kecepatan angin tertinggi terpantau di selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa, laut Jawa, laut Banda dan laut Arafuru bagian timur.

"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan gelombang laut di sekitar wilayah tersebut," ujarnya.

Sedangkan, untuk 4 hari kedepannya berdasarkan perkiraan cuaca wilayah perairan Tuban dan Lamongan, diperkirakan gelombang laut rendah dengan ketinggian 1 sampai 2.25 meter.

Ia berharap, bagi pengguna perairan khususnya nelayan untuk tetap selalu berhati-hati ketika melaut dan waspada apabila ada perubahan cuaca yang siginifikan.

"Dan ikuti terus informasi dari BMKG sebagai penunjang kegiatan masyarakat setiap harinya," tandasnya. [nid/ito]