KPU Tuban Optimis Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020 Tetap Tinggi

Reporter: Khoirul Huda


blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban mentargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2020 tetap tinggi meski dilaksanakan sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fathul Ikhsan saat menggelar kegiatan sosialisasi tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 bersama Media.

Fathul mengungkapkan, dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 nanti, KPU RI mentargetkan tingkat partisipasi pemilih 77 persen. Sehingga, target di Bumi Wali mengikuti target dari KPU RI.

"Target KPU RI partisipasi pemilih 77 persen, KPU Tuban mengikuti target KPU RI tapi kita yakin di Tuban bisa lebih tinggi," terang Fathul Ikhsan.

Sebab, menurutnya partisipasi pemilih itu tergantung bagaimana penyelenggara, peserta dan Stakeholder membantu mensosialisasikan tentang pentingnya menggunakan hak pilih di Pilkada serentak.

Termasuk, kegiatan sosialisasi ini juga akan menggandeng sejumlah elemen masyarakat, pers, dan pihak terkait lainnya. “Kita akan terus tingkatkan sosialisasi dan saya optimis target partisipasi pemilih bisa tercapai,” pungkas Ketua KPU Kabupaten Tuban.

Sekadar diketahui, sesuai dengan Peraturan PKPU No 5 Tahun 2020, pelaksanaan pemungutan suara serentak yang ditunda karena bencana nonalam Covid-19, dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.

Adapun seluruh tahapan, program, dan jadwal Pemilihan serentak lanjutan harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19.[hud/ito]