Giat Cipkon, Tak Pakai Masker Langsung Ditindak

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Giat cipta kondisi (cipkon), demi mengantisipasi persebaran virus Covid-19 terus digalakkan oleh segenap pemerintah daerah. Layaknya giat serentak di Jawa Timur, khususnya di wilayah Kabupaten Tuban yang tegas dalam melaksanakan cipkon di setiap titik.

Di Kecamatan Soko, segenap jajaran 3 pilar kecamatan yang meliputi Polisi, TNI, Pemcam Soko, berikut Satpol PP, bergerak dari kafe ke kafe, juga titik potensi keramaian masa. Tercatat 5 titik kafe yang dikunjungi, guna menyuarakan himbauan cipkon terkait Covid-19.

"Meneruskan perintah dari pimpinan, giat cipta kondisi ini sifatnya imbauan yang intinya wajib pakai masker, terang Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Soko, AKP Noer Sento usai melakukan giat pada Sabtu (4/7/2020) malam.

Ditambahkan lagi, dari hasil giat tersebut, sebagian kerumunan yang didatangi dan sudah pakai masker diimbau agar balik kanan dan pulang kerumah saja. Sedangkan yang tidak pakai masker, terlebih dulu ditanyai tentang identitas diri.

"Jika tidak pakai masker dan tidak bawa identitas, kita serahkan ke Satpol PP. Hasilnya, ada sekitar 32 orang yang tidak pakai masker dan tidak bawa identitas. Besok akan dikerjakan apa, atau dibina bagaimana kita serahkan," tandasnya usai dikonfirmasi blokTuban.com, Minggu (5/7/2020).

Di samping itu, Kapolsek yang turun beserta jajarannya meliputi Kanit Binmas, Kanit Intelkam, Kanit Sabhara, membagikan sejumlah masker pada titik lokasi yang dikunjungi. Dari giat itu, juga merupakan kesempatan pertama agar pemilik warung atau kafe untuk pasang banner imbauan agar lebih memperhatikan mengenai persebaran Covid-19. 

Sementara di Kecamatan Grabagan, giat serupa juga diberlakukan. Bahkan, warga yang berkerumun di lokasi kafe dan kedapatan tak pakai masker, langsung dibina dengan disuruh push up di tempat secara langsung. [feb/col]