Khotmul Qur'an Kubro Online Di Pendopo Tuban

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Pemerintah  Kabupaten Tuban menggelar Khotmil Quran Kubro Online 2020 di Pendop Manunggal. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Tuban pada Bidang Pemberdayaan Huffadh.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Tuban, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintah, Kepala Kemenag Tuban dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban Fathul Huda mengatakan, banyak tokoh Al-Qur'an asal Tuban yang menyebarkan ke berbagai daerah.  Selain itu, juga banyak dzuriyah dari tokoh Al-Qur'an di Tuban yang juga hafal Al-Qur'an. 

"Alhamdulillah berkat perjuangan semuanya pada pelaksanaan MTQ Jawa Timur lalu, Tuban bisa menjadi juara umum. Setelah Al-Qur'an menjadi hiasan bibir, menjadi hiasan gedung, menjadi hiasan jalan, bisa menghiasi perilaku masyarakat Tuban," ungkap Fathul Huda. Rabu,(17/6/2020).

Ia menambahkan, Al-Quran juga dapat menjadi obat untuk penyakit lahir maupun batin. "Semoga dengan kegiatan ini zona merah di Kabupaten Tuban segera sirna," ujarnya.

Ia berpesan, masyarakat Tuban diharapkan untuk saling menjaga dan menyayangi sesama. Apabila di lingkungan sekitar ada warga terkena covid-19 atau ada pasien  covid-19 yang meninggal, jangan dihalangi ketika akan dimakamkan dan juga jagan dikucilkan.

"Jika kita meneladani Al-Qur'an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, insyaallah tidak ada krisis sosial," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid mengatakan, kegiatan ini diikuti seluruh kepala KUA secara online terdiri dari 42 Majlis, 2 Majlis di Pendopo Kridho Manunggal Tuban dan 40 Majlis di Pendopo kecamatan se Kabupaten Tuban. Dengan total peserta 210  Hafidz dan Hafidzah, dengan rincian tiap majlis terdiri dari 5 orang. 

"Giat ini akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, dengan dipandu oleh Tim yang ada dikabupaten dan diikuti oleh tim yang berada ditingkat kecamatan di seluruh kabupaten Tuban," ujarnya.

Menurut Kakankemenag, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengamalan nilai-nilai keagamaan dalam semua aspek kehidupan sebagai perwujudan pencapaian Tuban Bumi Wali yang lebih religius. Selain itu, juga memohon kepada Allah SWT, agar wabah Covid 19 yang masih ada di bumi nusantara ini segera diangkat oleh Allah SWT.

"Sehingga tatanan kehidupan dapat normal kembali seperti biasa," tandasnya. [nid/rom]