Rekor, Sehari Ada 17 Kasus Positif Baru

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 bertambah 17 orang, Selasa (16/06/20). Secara kumulatif saat ini 85 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban.

"Penambahan hari ini terbanyak dari 3 klaster yaitu Pasar Leran Wetan, TPI Palang dan Widang, sementara klaster Pasar Bojonegoro bertambah 1 Orang," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati.

Endah Nurul menjelaskan bahwa klaster TPI Palang dan klaster Widang menjadi dua klaster baru dengan jumlah pasien konfirmasi positif yang cukup banyak.

"Penambahan konfirmasi positif hari ini setelah keluarnya hasil Tes RT-PCR yang dikeluarkan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya," jelasnya

Adapun jika dirinci dari klaster Pasar Leran Wetan bertambah 5 orang pasien yaitu Laki-laki 19 dan 48 tahun serta Perempuan 36, 37 dan 57 tahun asal Kecamatan Palang.

Dari dua klaster baru, klaster TPI Palang terdapat 4 orang pasien konfirmasi positif yaitu Laki-laki 52 tahun serta Perempuan 36, 50 dan 53 tahun asal Kecamatan Palang.

Sedangkan klaster Widang terdapat 7 orang pasien konfirmasi positif yaitu Laki-laki 19, 40, 41 dan 52 tahun serta Perempuan 4, 47 dan 50 tahun asal Kecamatan Widang. Kelima pasien ini adalah kontak erat dari pasien konfirmasi positif sebelumnya.

Dan satu orang dari klaster Pasar Bojonegoro adalah Laki-laki 60 Tahun asal Kecamatan Senori, juga merupakan kontak erat dari pasien konfirmasi positif.

Menanggapi bertambahnya kasus konfirmasi positif baru yang cukup signifikan hari ini, Endah Nurul kembali mengajak semua masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan, namun tetap tidak panik.

"Yang harus dilakukan adalah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada seperti tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting, namun jika harus berkegiatan di luar rumah harus tetap menerapkan physical distancing menghindari berhadapan, jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain serta disiplin menggunakan masker serta cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin," serunya

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tgl 16/06/2020 hingga pukul 18.00 Wib jumlah kumulatif ODP sebanyak 642 orang dengan keterangan sebanyak 602 orang selesai pemantauan dan 40 orang masih dalam pemantauan.

Warga Tuban yang masuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 84 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 45 orang sembuh, 20 orang meninggal dunia, dan sisanya masih dalam pengawasan sebanyak 19 orang.

Untuk warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 85 orang, terdiri dari 30 orang sembuh, 6 orang meninggal dunia, serta 49 orang dalam perawatan dan isolasi. [ali/ito]