BPN Tuban Mulai Bagikan Sertifikat PTSL

Reporter : M. Anang Febri

 

blokTuban.com - Pasca memuncaknya aturan ketat perihal pembatasan sosial guna pencegahan persebaran Covid-19, hari ini Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tuban mulai membagikan sertifikat PTSL kepada warga di Desa Simo, Kecamatan Soko.

Program dari pemerintah pusat berwujud Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang digarap pada tahun 2019 ini, baru dibagikan kepada sekitar 400 warga pendaftar karena pertimbangan pandemi yang memaksa semua unsur kegiatan harus ditunda.

"Alhamdulillah, hari ini mulai kita bagikan sertifikat PTSL ke Desa Simo sebanyak 401 bidang," ujar Syakir, salah satu petugas BPN Tuban disela istirahat pembagian sertifikat PTSL Desa Simo.

Saat ditemui blokTuban.com di area Balai Desa Simo, pihaknya juga mengaku bahwa jumlah sertifikat yang dibagikan pada gelombang pertama ini belum ada seperempat dari total keseluruhan peserta PTSL yang ada di desa ujung selatan Tuban itu.

"Kita berharap agar pembagian sertifikat kedepan tetap lancar. Kita juga terapkan protokol kesehatan, dengan mengharuskan warga yang datang untuk memakai masker," imbuhnya.

Sementara itu, PJ Kepala Desa (Kades) Simo mengungkapkan bahwa pembagian sertifikat PTSL akan dibagi menjadi empat  gelombang tahap pembagian. Mengingat pertimbangan protokol kesehatan, serta menghindari kerumunan yang membeludak.

"Total ada 1.630 bidang, sementara hari ini sudah dibagikan 400 bidang. Kita rencananya akan buat 4 tahap pembagian. Semoga lancar, aman, dan tertib sampai pembagian 100 persen selesai," jelas Amiek Fadholi, PJ Kades Simo kepada blokTuban.com. [feb/ono].