Tambah Satu Positf Covid-19, Total 56 Orang

Reporter: Nidya Marfis. H

blokTuban.com - Jumlah kasus terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tuban pada Rabu (10/6/2020) bertambah satu kasus baru. Kini, jumlah kumulatif positif Covid-19 di Bumi wali menjadi 56 orang.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati membenarkan, adanya 1 kasus baru positif Covid-19 di Kabupaten Tuban.

"Berdasarkan dari hasil Tes Swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan, ada penambahan satu kasus confirm positif covid-19 baru di Kabupaten Tuban," ujar Endah.

Dia menjelaskan, satu kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut berdasarkan KTP asal Kecamatan Parengan, namun keseharian pria tersebut berada di Kecamatan Montong.

"Sehari-hari dia tinggal di Montong maka dimasukkan di Kecamatan Montong," ujarnya.

Lebih lanjut, saat ini tim tracking sedang berjalan untuk menelusuri pria tersebut tertular dari mana dan apakah ada kemungkinan menulari siapa. 

"Itu konsentrasi kami saat ini," imbuhnya.

Ia berharap, semua lapisan masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan serta tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang penting. Namun jika tetap harus berkegiatan di luar rumah harus tetap menerapkan physical distancing dan disiplin menggunakan masker serta cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tanggal (9/6/2020) hingga pukul 18.00 WIB, jumlah kumulatif ODP sebanyak 637 orang, selesai pemantauan 531 orang dan masih dalam pemantauan sebanyak 106 orang.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 75 orang (angka kumulatif). Dari jumlah tersebut tercatat 36 orang sembuh atau negatif, 19 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 20 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 56 orang, terdiri dari 9 orang sembuh, 3 orang meninggal dunia, dan 44 orang dalam perawatan. [nid/rom]