Gempa 3,6 SR Guncang Laut Tuban, Warga Tak Merasa

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Berdasarkan info dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kabupaten Tuban pada pukul 08.25 Wib telah diguncang gempa dengan magnitudo 3,6 SR.

 

Gempa tersebut berlokasi 6.72 LS,112.02 BT (19 km barat laut Tuban-Jawa Timur). Kedalaman pusat gempa di 596 Km dan termasuk zona subduksi atau dalam.

 

Kepada blokTuban.com, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Rofiq Isa Mansyur mengatakan melihat kedalaman gempa Tuban kali ini tidak berpotensi tsunami karena getarannya kecil.

 

"Warga yang bermukim di pesisir Tuban dihimbau tenang dan tidak panik," terang Rofiq.

 

Menurut BMKG, gempa tersebut membuktikan bahwa aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia di kedalaman 500 kilometer di bawah Laut Jawa masih aktif.

 

Di bawah laut Jawa tersebut Lempeng Indo-Australia menunjam dan menukik curam hingga kedalaman lebih dari 600 kilometer.

 

"Kami laporkan tidak ada warga yang merasakan getarannya," imbuhnya.

 

Sementara hasil konfirmasi blokTuban.com kepada warga yang bermukim di lima kecamatan pesisir juga mengaku tak merasakan gempa. Mulai dari Kecamatan Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo hingga Bancar.

 

"Tak merasakan gempa mas," ungkap Reza Mahzuni di Bancar.

 

Begitupula Sanep di Tambakboyo dan Z. Arief Rahman Hakim di Kecamatan Jenu juga tidak merasakan apapun perihal info gempa dari BMKG. [ali/ono]