Setiajit Rajin Sosialisasikan New Normal

Reporter : Khoirul Huda

blokTuban.com – Salah satu anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur, Setiajit rajin turun ke lapangan menjalankan fungsinya. Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Jawa Timur itu ingin memastikan warga Tuban mengerti dan memahami new normal.

 

‘’Saya asli Tuban, jadi punya tanggungjawab moral untuk memastikan warga Tuban baik-baik saja. Setelah mengerti dan memahami lalu melaksanakan,’’ ujar Setiajit, Senin (8/6/2020).

 

Semua tim Gugus Tugas bergerak untuk menyosialisasikan new normal itu. Bahwa sampai saat ini belum bisa dipastikan kapan pandemi Covid-19 berakhir. Sehingga, warga masyarakat diminta untuk bersiap hidup berdampingan dengan Covid-19.

 

‘’Agar tidak terkena bagaimana, tentu dengan melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,’’ tambah Setiajit.

 

Pejabat asal esa Tegalrejo, Kecamatan Semanding ini mengatakan, protokol kesehatan itu di antaranya memakai masker setiap keluar rumah,menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun atau selalu membawa hand sanitizer.

 

‘’Itu di antaranya yang harus dilakukan. Selalu disiplin mengikuti anjuran pemerintah agar terhindar dari Covid-19,’’ pintanya.

 

Jawa Timur sudah banyak yang positif. Sedangkan Kabupaten Tuban sampai 7 Juni sudah 55 orang warganya positif, sehingga masyarakat harus selalu waspada. Masyarakat diminta untuk tidak takur atau khawatir berlebihan.

 

Namun tetap waspada dan menjaga diri dan keluarga agar tidak terkena.

Hand sanitizer adalah barang yang wajib dibawa ke mana-mana saat beraktifitas. Karena itu, sata turun ke lapangan, dengan dibantu relawannya, Setiajit membagikan  hand sanitizer dalam botol kecil. Harapannya botol itu bisa dibawa ke mana-mana. Setiajit juga mengajari cara memakainya.

 

‘’Ada juga leaflet atau selebaran tatacara berperilaku bersih dan sehat itu. Jika itu diikuti dengan disiplin insyaallah terhindar Covid-19. Semua memang kehendak Allah mau terkena atau tidak. Tapi kita wajib berikhtiar,’’ tandasnya

 

Sekadar diketahui, sejak wabah Covid-19 menyebar, Setiajit sudah berbuat banyak untuk masyarakat. Di antaranya membagikan masker, alat cuci tangan dan sabun, menyemprot lingkungan dengan disinfektan serta membagikan handsanitizer.

 

Selain itu, bantuan sembako untuk warga terdampak juga dilakukan. Setiajit ingin berbuat banyak untuk masyarakat Tuban meski belum mampu membantu semua warga yang membutuhkan. Dia berharap banyak pihak yang mengikuti jejaknya untuk membantu warga.[hud/ono]