Penutupan dan Penyemprotan Pasar Bongkaran Didukung 473 Pedagang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sejak pukul 06.00 Wib, Senin (8/6/2020), Pasar Bongkaran belakang Pasar Baru Tuban ditutup oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Seluruh aktifitas jual beli berhenti sampai dengan hari Selasa (9/6/2020) pukul 18.00 Wib.

Selain ditutup, lapak pedagang juga disemprot disinfektan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban. Penutupan sekaligus penyemprotan ini didukung oleh 473 pedagang los dan lapak.

Kepada blokTuban.com, Ketua Paguyuban Pasar Bongkaran, Sarino mengatakan, sejak lama pedagang menunggu langkah cepat Pemkab untuk menyeterilkan Pasar Bongkaran. Setelah di rapid test massal dan penyemprotan ini, pedagang bisa lebih tenang dalam berjualan.

"Dengan ditutupnya pasar untuk sementara waktu ini, pedagang tidak ada yang merasa merugi karena semuanya sudah sadar untuk kebaikan bersama," terang Sarino yang ditunjuk sebagai ketua paguyuban sejak 2005.

Dengan disterilkan pasar hari ini, paguyuban berharap bisa menepis berita negatif. Padahal kondisi di Pasar Bongkaran normal saja.

"Kami harapkan semuanya bisa menjaga dan menjalanlan protokol kesehatan supaya pedagang maupun pembeli bisa tenang dalam bertransaksi," imbuh pria yang berdomisili di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, Agus Wijaya menambahkan, latar belakang ditutupnya Pasar Bongkaran karena ada tiga pedagang yang setelah dirapid test dan swab hasilnya positif.

"Melalui koordinasi dengan paguyuban harapannya sterilisasi ini berjalan dengan aman dan nyaman. Pedagang maupun pembeli juga tenang," sambung mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab.

Selain lapak, lanjut mantan Camat Montong penyemprotan juga menyasar jalan tembus ke arah Goa Akbar. Jalur tersebut sangat ramai ketika kondisi normal.

Pantauan di lokasi, untuk menyeterilkan pasar jalan menuju pasar juga ditutup dan dijaga oleh petugas Satpol PP, TNI dan Polri. Beberapa pengguna jalan langsung putar arah, disinyalir belum mengetahui penutupan ini. [ali/rom]