BMKG Rilis, Gelombang Laut di Tuban Berkisar 2,5 Meter

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merilis perkiraan cuaca maritim wilayah perairan Jawa Timur (Jatim) untuk hari ini dan besok.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Rofiq Isa Mansyur mengatakan, berdasarkan hasil rilis BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya. Untuk wilayah perairan Tuban diperkirakan gelombang laut sedang dengan ketinggian berkisar antara 1,25 sampai 2,5 meter.

"Prediksinya untuk hari ini dan besok," ungkap Rofiq Isa Mansyur, Jumat (5/4/2020).

Hal tersebut disebabkan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari timur laut sampai tenggara dengan kecepatan 5 sampai 20 Knot. Sedangkan, di wilayahnya selatan Indonesia dari timur sampai tenggara dengan kecepatan 5-25 Knot. Untuk Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan laut Jawa, perairan selatan Kalimantan dan laut Arafuru.

"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan gelombang laut di sekitar wilayah tersebut," ujarnya.

Sedangkan, untuk 4 hari kedepannya berdasarkan perkiraan cuaca wilayah perairan Tuban dan Lamongan, diperkirakan gelombang laut rendah dengan ketinggian 0.2 smapai 1.5 meter.

"Semoga sesuai dengan prediksinya," tuturnya.

Ia berharap, bagi pengguna perairan khususnya nelayan untuk tetap selalu berhati-hati ketika melaut dan waspada apabila ada perubahan cuaca yang siginifikan.

"Dan ikuti terus informasi dari BMKG sebagai penunjang kegiatan masyarakat setiap harinya," tandasnya. [nid/rom]