Tembus 55 Kasus Positif, Terbanyak Disumbang Klaster Tambakboyo

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Setelah sehari sebelumnya ada empat pasien konfirmasi covid-19 dinyatakan sembuh, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali mengeluarkan rilis data terbaru, Kamis (4/6/20) yang menunjukkan adanya satu penambahan pasien konfirmasi yang dinyatakan sembuh, namun sayangnya hari ini juga ada penambahan empat pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati menjelaskan secara kumulatif jumlah pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban berjumlah Lima Puluh Lima orang.

"Dari hasil Tes RT-PCR yang dikeluarkan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, empat kasus baru adalah dua dari cluster Pasar Tambakboyo, satu dari Cluster Tambakboyo dan satu dari Jatirogo. Sedangkan satu pasien yang sembuh adalah dari cluster Tambakboyo" jelasnya.

Jika dirinci dua pasien baru cluster Pasar Tambakboyo adalah Perempuan 43 dan 60 Tahun asal Tambakboyo. Satu pasien cluster Tambakboyo adalah Laki-laki 49 Tahun dan satu pasien Jatirogo adalah Laki-laki 31 Tahun. Total kasus dari klaster Tambakboyo ada 14 pasien.

“Sedangkan untuk satu pasien yang dinyatakan sembuh dari hasil pemeriksaan swab negatif dua kali berturut-turut adalah bayi usia 21 hari asal Tambakboyo,” ujarnya.

Sementara itu, dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masuk dalam data hari ini juga masih fluktuatif, ada panambahan dua PDP Baru dan satu PDP sembuh.

"PDP baru adalah Perempuan (56 th) asal Kecamatan palang dan Perempuan (24th) asal Kecamatan Soko, untuk PDP sembuh adalah Perempuan (64th) asal Kecamatan Grabagan dengan hasil tes Swab Negatif,” imbuhnya.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tgl 4/6/2020 hingga pukul 18.00 WIB jumlah kumulatif ODP sebanyak 635 orang dengan keterangan sebanyak 528 orang selesai pemantauan dan 107 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 67 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 30 orang sembuh, 16 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 21 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 55 orang, terdiri dari 9 orang sembuh, 3 orang meninggal dunia, dan 43 orang dalam perawatan/ isolasi. [ali/ito]