Dinas Perikanan: Nelayan Harus Tetap Berproduktifitas

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Tuban memberikan bantuan dan pembinaan sanitasi higienis kampung nelayan di Bumi Wali.

Kegiatan pembinaan dan penyerahan bantuan tersebut digelar digelar di Plaza Ikan Tuban, Kamis (4/6/2020) yang diikuti 20 orang dari Rukun Nelayan (RN) Palang, Tuban, Glondonggede dan Bulu.

Dalam pembinaan itu, disampaikan bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini nelayan harus tetap berproduksitivitas melakukan penangkapan ikan di laut. Terlebih, dengan rencana pemerintah terkait penerapan New Normal di tengah pandemi Covid-19.

"Dengan rencana New Normal oleh pemerintah nelayan harus berproduktivitas. Namun, nelayan harus tetap menjalankan Protokol Kesehatan seperti keluar memakai masker sering cuci tangan dan tidak bergerombol dan tetap menjaga jarak," terang Kepala Diskanak Tuban, M. Amenan.

Dengan begitu, para nelayan di Kabupaten Tuban tetap bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Disamping itu, dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang disiplin, para nelayan juga bisa mencegah penyebaran Covid-19.

"Dalam upaya penanggulangan Covid-19, pihaknya bersama dinas terkait Provinsi Jatim juga memberikan bantuan untuk dipakai oleh umum di lokasi sentra-sentra nelayan seperti di TPI," imbuhnya.

Adapun bantuan yang diberikan tersebut diantara berupa Masker, Handsanitizer, Sabun Anti Bakteri, Cairan Disinfektan, Thermometer Gun, Westafel, Alat Semprot, Tempat Air, Pipa dan Keran Air.

Sementara itu, salah satu perwakilan RN Tuban, Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada dinas terkait yang telah memberikan kepedulian kepada nelayan di tengah pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, tadi TPI di Kabupaten Tuban dapat bantuan dari dinas perikanan provinsi untuk pencegahan penyebaran Virus Corona," pungkas Joko.[hud/ito]