Selama Pandemi, Pemkab Klaim Kehilangan PAD Hampir 1 M dari Sektor Pariwisata

Reporter: Khoirul Huda

 

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengklaim kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hampir 1 Miliar dari sektor pariwisata selama pandemi Covid-19.

 

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Tuban, H. Noor Nahar Hussein. Menurutnya, selama pandemi Covid-19 Pemkab Tuban telah melakukan penutupan seluruh objek wisata baik yang dikelola pemerintah maupun swasta.

 

Penutupan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 itu dilakukan mulai Bulan Maret. Sehingga, PAD dari sektor pariwisata serta pengelola objek wisata di Kabupaten Tuban tidak mendapatkan pemasukan.

 

"Terhitung hampir 3 bulan mulai Maret-Mei ini, kerugian PAD dari sektor wisata yang dikelola Pemkab sekitar Rp 987 juta atau hampir 1 Miliyar," terang Wabup.

 

Dia menegaskan, hingga saat ini objek wisata di Kabupaten Tuban belum resmi di buka. Pembukaan sendiri akan dilaksanakan setelah Pemerintah mengumumkan penerapan New Normal ditengah pandemi Covid-19.

 

"Sampai sekarang tempat wisata belum buka, pembukaan nanti setelah pemerintah menerapkan New Normal," imbuhnya.

 

Adapun ketentuannya ketika dibuka saat New Normar nanti pengelola harus membatasi jumlah pengunjung, menerapkan Physical Distancing dan menyediakan fasilitas-fasilitas protokol kesehatan.[hud/ono]