TPPI Tuban Sangat Siap Jalankan New Normal

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebagai perusahaan pendukung PT. Pertamina dalam penyediaan BBM Nasional, PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban saat ini sangat siap menjalankan kebijakan new normal di lingkungan kerjanya, Selasa (2/6/2020).

Berbagai skenario mulai diterapkan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. "Kami di TPPI Tuban sudah menerapkan New Normal sesuai anjuran pemerintah. TPPI Tuban juga sudah dan selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 sejak menjadi pandemi," terang PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo kepada blokTuban.com.

Semenjak pandemi berlangsung, manajemen TPPI langsung menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh pekerja atau karyawan. Hal ini yang membuat perusahaan bisa tetap beroperasi normal.

Skenario pertama mulai berangkat kerja dari rumah, pekerja sudah wajib pake masker. Disusul masuk kantor dari pos satpam sudah wajib turun dari bus atau mini bus untuk ukur suhu tubuh.

"Saat masuk lorong juga disemprot desinfectant. Baru naik kendaraan lagi menuju kantor," imbuh pria humanis ini. 

Selama berada di pabrik, semua karyawan tanpa terkecuali juga diwajibkan jaga jarak. Pola ini berlaku ketika kerja maupun ibadah diwajibkan tetap menggunakan masker. Selama di kantor maupun di lapangan juga harus rutin cuci tangan setiap bergerak ketempat lain.

Seluruh karyawan TPPI Tuban juga disarankan lepas sepatu di luar rumah saat pulang. Disusul mandi dan memasukkan pakaian yang digunakan kerja kedalam mesin cuci agar tidak ada kontak dengan keluarga.

"Demi mencegah penularan virus korona, perusahaan juga melakukan program rapid test pada semua karyawan," jelasnya.

Poin pentingnya, TPPI juga telah memasang UV chamber selama 30 menit di ruang meeting maupun ruang kerja yang sudah kosong, baik di malam hari atau hari libur. Langkah untuk membunuh virus dan bakteri di ruangan tersebut.

"Metode UV Chamber ini sebenarnya efektif juga diterapkan di Rumah Sakit, khususnya diruang ganti team medis dan dokter," tegasnya. 

Skenario berikutnya yaitu lenyemprotan desinfectant di ruang kerja setiap dua kali dalam seminggu. Begitu pula penyemprotan diruang kabin kendaraan. Dilanjutkan pembersihan panel-panel pintu dan tempat yang banyak disentuh orang setiap 30 menit sekali.

"Semoga penerapan New Normal ini bisa mencegah terjadinya penyebaran serta penularan Covid-19 di lingkungan TPPI Tuban," pungkas Taheran. [ali/ito]