Pandemi, Atlet Voli Enjoy Latihan Virtual

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Beragam menu latihan virtual terus diberikan Pelatih Kepala BOLAVOLI Kabupaten Tuban, Didik Tri Purwanto kepada atletnya selama pandemi Covid-19. Latihan mandiri di rumah seperti ini, justru membuat para pemain enjoy.

Untuk menjaga ketrampilan atlet dimasa corona, Didik membuatkan grup baru khususnya anak-anak yang masih usia remaja. Di WhatsApp Grup (WAG) tersebut, diberikan contoh materi lewat video. Setiap atlet kemudian melaporkan proses latihannya berupa video di grup tersebut.

"Saya juga langsung buatkan group untuk atlet-atlet pelapisnya Tuban, dan orang tua atlet juga ada yang masuk di group tersebut," terang Didik kepada blokTuban.com, Selasa (2/6/2020).

Masuknya orang tua/ wali atlet di grup bukan tanpa tujuan. Dengan pemantauan langsung, tentu doa dan dukungan orang tua terus mengalir ke buah hatinya selama berlatih di rumah.

Dilain sisi, orang tua menjadi alarm untuk mengingatkan atlet jika ada yang lupa jadwal berlatih. Sinergi seperti ini yang diterapkan khususnya cabang olahraga bola voli pantai Bumi Wali.

"Pandemi bukan alasan bagi kami untuk bermalas-malasan. Ada banyak cara dan kami buktikan dengan latihan virtual," imbuh pelatih humanis ini.

Beberapa menu latihan yang diberikan mulai, materi lari digantikan dengan skipingan. Sama dengan berlari di tempat tidak jauh keluar dari lingkungan rumah saja.

"Skipingan ini pengantinya lari yang biasanya keluar dari sekitar rumah," tambahnya.

Ada pula latihan untuk menjaga kebugaran otot perut, punggung, dan lengan dengan akurasi pasing di tembok-tembok samping rumah atlet.

Didik menambahkan, interaksi dan komunikasi di WAG sama intensnya ketika latihan tatap muka. Sampai detik ini, semua skenario latihan virtual berjalan lancar hingga menuju new normal. [ali/ito]