Ini Prediksi Gelombang Laut di Tuban, Untuk Hari ini dan Besok

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merilis perkiraan cuaca maritim wilayah perairan Jawa Timur (Jatim). Untuk wilayah Tuban diprediksi gelombang laut dengan intensitas sedang.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Rofiq Isa Mansyur mengatakan, berdasarkan hasil rilis BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya. Hari ini dan besok untuk wilayah perairan Tuban diperkirakan gelombang laut sedang dengan ketinggian berkisar antara 1.25 - 2.5 meter. Tinggi gelombang tersebut, lebih tinggi dari perkiraan gelombang laut tiga hari lalu yang berkisar 0.50 - 1.50 meter.

"Ada kenaikan tinggi gelombang dari tiga hari lalu, tapi ini masih kategori sedang,"ungkap Rofiq Isa Mansyur. Rabu,(16/5/2020).

Hal tersebut disebabkan, adanya tropical cyclone "vogfong" 965 hpn di perairan Filipina, pusat tekanan rendah 1005 di laut Andaman dengan sirkulasi udara terpantau di utara Papua. Untuk pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari timur laut - tenggara dengan kecepatan 3 samapi 20 knot.

Sedangkan, di wilayah selatan Indonesia dari timur tenggara dengan kecepatan 3 - 30 knot, kecepatan angin tertinggi terpantau di selatan pulau Jawa hingga pulau Sumba dan laut Arafuru.

"Kondisi ini, mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang laut disekitar wilayah tersebut,"ujarnya.

Ia berharap, bagi pengguna perairan khususnya nelayan untuk tetap selalu berhati - hati ketika melaut dan waspada apabila ada perubahan cuaca yang siginifikan.

"Dan ikuti terus informasi dari BMKG sebagai penunjang kegiatan masyarakat setiap harinya,"tandasnya. [nid/ito]